Kompas.com - 22/10/2020, 12:11 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Konstruksi 11 ruas tol baru sepanjang 125 kilometer bakal tuntas hingga akhir Desember 2020.

Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Hedy Rahadian mengatakan hal itu dalam siaran pers, Kamis (22/10/2020).

11 ruas tol baru tersebut merupakan bagian dari 64 proyek jalan Tol Proyek Strategis Nasional (PSN).

Hal ini sebagaimana tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) No. 56 Tahun 2018 tentang Perubahan Kedua atas Perpres 3 Tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan PSN.

Jika tuntas, jalan tol tersebut dapat menurunkan waktu tempuh rata-rata per 100 kilometer yang berdampak pada penurunan biaya logistik.

Perlu diketahui, waktu tempuh saat ini masih berada pada kisaran 2,3-2,5 jam per 100 kilometer.

Baca juga: Hingga 2024, Pemerintah Bakal Tuntaskan 2.724 Kilometer Tol Baru

"Dalam target jangka panjang diharapkan dapat turun menjadi 1,5 jam per 100 kilometer," terang Hedy.

Sebelas jalan tol yang akan tuntas tersebut yakni, Cimanggis-Cibitung Seksi IA (Cimanggis-Jatikarya) sepanjang 3,17 kilometer dan Ujung Pandang Seksi 3 (AP Pettarani) sepanjang 4,3 kilometer ditargetkan selesai konstruksi minggu ketiga Oktober.

Kemudian, Krian-Legundi-Bunder-Manyar Seksi 1, 2, dan 3 (Krian-Bunder) dengan panjang 29 kilometer ditargetkan selesai konstruksi pada minggu keempat Oktober.

Lalu, Balikpapan-Samarinda Seksi 1 (KM 13-Samboja) dengan total panjang 22 kilometer dan Cinere-Serpong Seksi 1 (SS Serpong-SS Pamulang) sepanjang 6,5 kilometer ditargetkan tuntas konstruksi pada November 2020.

Sementara konstruksi tol yang rampung pada Desember adalah, Bogor Ring Road Seksi 3A (Simpang Yasmin-Kayu Manis) 3 kilometer, Kayu Agung-Palembang-Betung Seksi 1 Tahap 1B (Jakabaring-SS Kramasan) 9 kilometer, Cibitung-Cilincing Seksi 1 (Cibitung-Gabus Indah) 13,52 kilometer.

Cengkareng-Kunciran sepanjang 14,19 kilometer; Medan-Binjai Seksi 1 Segmen 1B-1D Jl Veteran-Tj Mulia 3,52 kilometer, Bekasi-Cawang-Kampung Melayu Seksi 1 (koneksi toll to toll Wiyoto Wiyono + On Ramp Pasar Gembrong) & 2A (Jaka Sampurna-Kayuringin) 5,71 kilometer.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.