Lahan "Food Estate" di Kalteng Bakal Ditanami Padi dan Singkong

Kompas.com - 02/09/2020, 08:30 WIB
Food estate di Kalimantan Tengah Dok. Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPRFood estate di Kalimantan Tengah

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah melanjutkan pengembangan food estate di kawasan aluvial pada lahan eks-Pengembangan Lahan Gambut (PLG) di Kalimantan Tengah.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, terdapat dua pengembangan food estate di yakni untuk tanaman padi dengan leading sector Kementerian Pertanian (Kemenpan) dan tanaman singkong oleh Kementerian Pertahanan (Kemenhan).

Lahan yang akan ditanami padi berada di atas tanah aluvial seluas 165.000 hektar dan area tanaman singkong berada di atas wilayah seluas 60.000 hektar.

Baca juga: Proyek Food Estate di Kalimantan Tengah Mulai Digarap

Untuk tahap awal, Kemenpan akan mengerjakan food estate tanaman padi seluas 32.000 hektar.

Tahapan ini dimulai dengan perbaikan saluran irigasi serta jalan masuk menuju kawasan lumbung padi pada Oktober 2020.

Dari luas tersebut, sebanyak 30.000 hektar berada di atas kawasan dengan kondisi sawah yang diklaim memiliki irigasi yang baik dan 2.000 hektar berada di Kecamatan Dadahup.

"Sisanya 133.000 hektar akan dilanjutkan nanti 2021, sehingga akhir tahun 2021 kawasan estate padi seluas 165.000 selesai dikerjakan fisik semua dan mulai tanam full pada 2021," kata Basuki melalui keterangan tertulis kepada Kompas.com, Selasa (1/9/2020).

Untuk tahap awal, Kemenpan akan mengerjakan food estate tanaman padi seluas 32.000 hektar. Dok. Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Untuk tahap awal, Kemenpan akan mengerjakan food estate tanaman padi seluas 32.000 hektar.
Lalu untuk food estate tanaman singkong, Kemenhan akan mengerjakan area seluas 30.000 hektar pada 2020-2021.

Pengembangan ini berada di Kabupaten gunung Mas, Kabupaten Pulang Pisang, dan Kabupaten Kapuas.

Sedangkan sisa lahannya, yang berada di Kabupaten Murung Raya, baru mulai dikerjakan pada 2021. 

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X