Penuhi Janji Kampanye, Gubernur NTT Siapkan Rp 900 Miliar Benahi Jalan Rusak

Kompas.com - 31/08/2020, 17:54 WIB

KUPANG, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) akan menyiapkan anggaran senilai Rp 900 miliar, untuk memperbaiki jalan provinsi di wilayah itu.

Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat menyampaikan hal tersebut, kepada sejumlah wartawan di Kupang, Senin (31/8/2020).

Viktor memastikan, dana ratusan miliar itu diperoleh melalui pinjaman dari pihak ketiga.

"Kenapa kita melakukan pinjaman, karena APBD kita sangat terbatas yakni hanya Rp 4,9 triliun. Itu tidak mungkin untuk membiayai NTT. Apalagi jalan-jalan kita buruk sekali. Seluruh infrastruktur di NTT buruk," tegasnya.

Baca juga: Patung Soekarno di PLBN Motamasin Jadi Obyek Swafoto Warga NTT

Oleh karena itu, ketika dirinya terpilih jadi gubernur, sesuai janji kampanyenya program utama yang dibenahi adalah seluruh infrastruktur jalan.

"Kalau lancar, tahun depan semua jalan provinsi yang buruk bisa selesai diperbaiki. Tahun depan kita akan bangun jalan dengan dana pinjaman Rp 900 miliar," ungkap Viktor.

Dengan sokongan dana sebesar itu, Viktor optimistis infrastruktur di NTT yang rusak bisa dibenahi hingga tuntas.

Dana ratusan miliar itu juga akan digunakan untuk memperbaiki sejumlah jalan Provinsi di Elar Selatan, Kabupaten Manggarai Timur, Amfoang, Kabupaten Kupang dan jalan menuju destinasi wisata penangkapan ikan paus di Lamalera, Kabupaten Lembata.

Jika jalan sudah diperbaiki, maka akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi di wilayah terisolasi atau di desa-desa pedalaman.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.