Mengulik Mewahnya Desain Interior Eklektik

Kompas.com - 22/08/2020, 07:00 WIB
Ef House di Bandung karya Dinardithen Studio Photography by Eric Dinardi Ef House di Bandung karya Dinardithen Studio

KOMPAS.com - Mewujudkan desain interior rumah eklektik modern dilakukan dengan memadukan beberapa gaya desain dari berbagai periode waktu dan tempat yang berbeda.

Gaya desain ini menjadi lambang kebebasan berekspresi dalam desain arsitektur. Berbagai aspek, ide, dan teori desain dipadukan untuk menciptakan kesatuan karya arsitektur terbaik dan ternyaman.

Mencampurkan berbagai gaya, tidak kemudian menjadikan desain eklektik terlihat berantakan atau terkesan memaksakan desain.

Ibarat desain gado-gado, pencampuran berbagai gaya dalam sebuah desain justru melahirkan keunikan dan keindahan yang utuh.

Mari kita berkenalan lebih dekat dengan desain eklektik lewat desain interior rumah di Bandung karya Dinardithen Studio tahun 2019.

1. Sejarah Singkat Desain Eklektik

Perpaduan gaya arsitektur lama dan baru menciptakan desain eklektik modern yang elegan.Photography by Eric Dinardi Perpaduan gaya arsitektur lama dan baru menciptakan desain eklektik modern yang elegan.
Gaya desain eklektik muncul sekitar akhir abad ke-19 hingga awal abad ke-20, yakni ketika desain rumah menjadi simbol kekayaan dan kemakmuran pemiliknya.

Para arsitek pada masa itu ingin menciptakan gaya arsitektur baru yang belum pernah ada sebelumnya.

Dengan dasar mencampur dan memadukan gaya-gaya desain yang sudah ada, tidak heran jika di dalam desain eklektik ada unsur desain gothic, rococo, Victorian, dan aliran gaya desain lampau lainnya.

Namun kemudian, berbagai inspirasi dengan kebebasan berekspresi akhirnya melahirkan desain eklektik yang memiliki jati diri sendiri.

Halaman:


Sumber
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X