Triwulan II, Sektor Konstruksi Terkontraksi 5,39 Persen

Kompas.com - 05/08/2020, 14:18 WIB
Ilustrasi konstruksi SHUTTERSTOCKIlustrasi konstruksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sektor kontruksi mengalami kontraksi sebesar -5,39 persen pada Triwulan II-2020. Sementara periode yang sama tahun sebelumnya tercatat +5,69 persen.

Dari data Badan Pusat Statistik (BPS) pada Rabu (5/8/2020) yang dikutip Kompas.com, tak hanya secara tahunan, dalam kurun triwulanan pun sektor konstruksi mengalami perrumbuhan negatif 7,37 persen. Sebelumnya pada Triwulan I-2020 tercatat tumbuh negatif 6,92 persen.

"Pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk mengatasi dampak Covid-19 mengakibatkan keterlambatan dan penundaan sejumlah proyek infrastruktur," tulis BPS.

Satu di antaranya Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi (Probowangi) yang merupakan bagian dari jaringan Jalan Tol Trans Jawa.

Tersebab Covid-19, PT Jasa Marga (Persero) tbk melalui anak usahanya PT Jasamarga Probolinggo Banyuwangi (JPB) menerbitkan surat penundaan pelaksanaan kontrak. 

Baca juga: Jasa Marga Targetkan Konstruksi Tol Probowangi Dimulai Oktober 2020

"Status saat ini, sudah terdapat kontrak jasa konstruksi Seksi 1 yang terdiri dari 3 paket pekerjaan untuk Desember 2019 dan Januari 2020. Namun, karena kondisi Covid-19, JPB menerbitkan surat penundaan pelaksanaan kontrak," jelas Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk Subakti Syukur kepada Kompas.

Selain itu, menurunnya komponen bahan baku impor untuk aktivitas konstruksi juga berkontribusi terhadap kontraksi sektor konstruksi.

Sektor lainnya yang juga memperlihatkan penurunan adalah real estat dari sebelumnya pada Triwulan II-2019 masih berada di angka 5,71 persen menjadi 2,30 persen pada Triwulan II-2020.

Akibatnya, industri lain pun terdampak. Produksi semen, contohnya, turun 18,90 persen secara kuartalan menjadi 12,68 juta ton. Secara tahunan pun ikut turun sebesar 9,08 persen.

Sedangkan pengadaan semen dalam negeri pada Triwulan II- 2020 sebesar 12,65 juta ton, atau turun 15,09 persen secara kuartalan dan merosot 7,69 persen secara tahunan.

 

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X