Jasa Marga Targetkan Konstruksi Tol Probowangi Dimulai Oktober 2020

Kompas.com - 05/08/2020, 12:42 WIB
Lokasi proyek Tol Probolinggo-Banyuwangi. Dokumentasi PT Jasamarga Probolinggo BanyuwangiLokasi proyek Tol Probolinggo-Banyuwangi.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk menargetkan dapat memulai pekerjaan konstruksi Tol Probolinggo-Banyuwangi (Probowangi) sekitar Oktober-November 2020.

Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk Subakti Syukur mengatakan, untuk segera memulai pekerjaan ini dibutuhkan Surat Perintah Mulai Kerja (SPMK). Perusahaan menargetkan SPMK ini terbit pada Oktober. 

"Kami menargetkan SPMK terbit pada Oktober 2020. Jadi, pekerjaan bisa dimulai sekitar Oktober-November," ujar Subakti kepada Kompas.com, Rabu (5/8/2020).

Baca juga: Jasa Marga Pastikan Pembebasan Lahan Tol Probowangi Maret 2020

Jalan Tol Probowangi dirancang sepanjang 171,516 kilometer yang terbagi menjadi tiga seksi. Seksi 1 Probolinggo-Besuki (29,6 kilometer), Seksi 2 Besuki-Bajulmati (110,875 kilometer), dan Seksi 3 Bajulmati-Ketapang (31,041 kilometer).

Jalan bebas hambatan ini akan menjadi titik akhir jaringan Jalan Tol Trans Jawa. Konsesi untuk pembangunan jalan tol ini adalah 35 tahun dengan dana investasi mencapai Rp 23,3 triliun.

Menurut Subakti, saat ini anak usaha Perseroan yakni PT Jasamarga Probolinggo Banyuwangi (PT JPB) yang memegang konsesi pembangunan Tol Probowangi, masih menunggu penyerahan sebagian lahan dari Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT).

Hal ini menyusul progres pembebasan lahan sampai dengan 31 Juli 2020 untuk Seksi 1 mencapai 18,76 persen dari total panjang 29,6 kilometer, dan Seksi 3 mencapai 54,18 persen dari total panjang 31,041 kilometer.

Sementara lahan untuk konstruksi Seksi 2 sepanjang 110,875 kilometer masih belum dibebaskan.

Baca juga: Tol Probowangi Terhambat Lahan dan Perubahan Kepemilikan Saham

"Status saat ini, sudah terdapat kontrak jasa konstruksi Seksi 1 yang terdiri dari 3 paket pekerjaan untuk Desember 2019 dan Januari 2020. Namun, karena kondisi Covid-19, JPB menerbitkan surat penundaan pelaksanaan kontrak," jelas Subakti.

Adapun Paket 1 akan dikerjakan oleh KSO PT Waskita Karya (Persero) Tbk dan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk, Paket 2 dikerjakan oleh KSO PT Adhi Karya (Persero) Tbk-PT Nindya Karya (Persero) dan PT Brantas Abipraya (Persero).

Sedangkan Paket 3 dikerjakan oleh KSO PT PP (Persero) Tbk dan Gorip Nanda Guna.

Konstruksi Jalan Tol Probowangi secara keseluruhan direncanakan bisa selesai pada 2025 mendatang.  

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X