Tiga Cara Optimalisasi Aset BUMN

Kompas.com - 21/07/2020, 22:07 WIB
Ilustrasi properti www.shutterstock.comIlustrasi properti

JAKARTA, KOMPAS.com - Pandemi membuat sektor properti saat ini sedang berada dalam tantangan, tak terkecuali bagi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam mengelola aset propertinya.

Pengamat Pasar Modal dan Investasi Hendra Lubis mengatakan, banyak alternatif kerja sama yang dapat dilakukan oleh perusahaan maupun anak usaha BUMN guna mengoptimalisasi asetnya.

Baca juga: Tiga BUMN di Balik Kawasan Industri Terpadu Batang

Hal ini karena BUMN memiliki potensi besar dalam hal kerja sama dengan para mitra maupun dengan sesama perusahaan BUMN.

Namun dalam melakukan hal tersebut, Hendra menyebut, perusahaan juga harus melakukan terobosan terkait pengelolaan aset.

Untuk itu, ada tiga kegiatan yang bisa dilakukan guna menggairahkan kembali sektor properti sekaligus mengelola aset perusahaan.

Pertama adalah sektor pergudangan di perkotaan. Hendra menyebutkan, selama pandemi sub sektor properti yang masih menggeliat adalah kawasan industri (KI), terutama dengan adanya potensi relokasi perusahaan dari beberapa negara di kawasan Asia.

Baca juga: Kontraktor BUMN Bangun 4 Pencakar Langit Milik Keluarga Habibie hanya 2 Tahun

Menurut Hendra, selama pandemi berlangsung, perusahaan bisa mengembangkan pergudangan di perkotaan, terutama bagi perusahaan yang memiliki lahan yang kurang atau belum produktif saat ini.

Namun jika perusahaan ingin menawarkan KI, Hendra menyarankan bentuk kerja sama yang dilakukan tidak dalam skala besar.

"Kita optimalkan aset-aset yang ada sekarang, terutama yang di daerah perkotaan," kata Hendra dalam diskusi daring, Selasa (21/7/2020).

Baca juga: Empat Sektor Penopang Kawasan Industri dan Rekomendasi Masa Depan

Ilustrasi propertiwww.shutterstock.com Ilustrasi properti
Optimalisasi aset properti perusahaan dilakukan dengan cara menawarkan konsep pengembangan baru yang ia sebut sebagai produk transisi.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X