Dana Pembangunan Fasilitas Isolasi di Lamongan Masih Diaudit BPKP

Kompas.com - 19/06/2020, 06:16 WIB
Salah satu blok di fasilitas observasi dan isolasi penyakit infeksi emerging/virus corona (Covid-19) di Kabupaten Lamongan. KOMPAS.COM/HAMZAH ARFAHSalah satu blok di fasilitas observasi dan isolasi penyakit infeksi emerging/virus corona (Covid-19) di Kabupaten Lamongan.

LAMONGAN, KOMPAS.com - Peresmian fasilitas observasi dan isolasi penyakit infeksi menular di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, selesai dilaksanakan secara virtual, Kamis (18/6/2020).

Peresmian virtual menjadi opsi, sesuai anjuran pemerintah untuk menjalankan protokol kesehatan dalam kondisi dan situasi pandemi Covid-19.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan BNPB tetap berada di Jakarta, sementara pejabat di Lamongan berada di lokasi peresmian.

Kepala BNPB yang juga menjabat sebagai Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo, meresmikan fasilitas ini bersama Wakil Menteri PUPR John Wempi Wetipo.

Sementara Bupati Lamongan Fadeli dan jajaran Forkopimda berada di lokasi, bersama dengan para undangan, termasuk perwakilan Kementerian PUPR Dardjat Widjunarso.

Baca juga: Fasilitas Isolasi Lamongan Terima Pasien Covid-19 dari Rumah Sakit

Dardjat menjelaskan, pembangunan fasilitas observasi dan isolasi ini dilaksanakan dengan skema design and build, yang berarti dirancang dan dibangun dari nol.

Namun dia belum bisa memastikan besaran dana yang dihabiskan untuk membangun fasilitas ini.

"Saat ini audit masih dilakukan oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), kemudian inspektorat auditor PUPR, dan ada nanti auditor dari BNPB, karena yang punya uang BNPB," ucap Dardjat.

Kementerian PUPR, lanjutnya, hanya membangun fisik bangunan, sesuai persyaratan dari Kementerian Kesehatan, BNPB dan juga tentunya atas izin dari Kementerian Keuangan.

Adapun Pemkab Lamongan hanya menyiapkan lahan seluas 6.070 meter persegi.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X