Penanganan Longsor Tuntas, Tol Cipularang Dipastikan Aman Dilintasi

Kompas.com - 19/05/2020, 12:23 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasamarga Metropolitan Tollroad memastikan, Jalan Tol Cipularang aman dilintasi pengguna jalan tol, menyusul tuntasnya penanganan longkor di KM 18+600.

"Jasa Marga memastikan Jalan Tol Cipularang khususnya Km 118 saat ini aman untuk dilintasi," ucap Marketing and Communication Department Head Jasamarga Metropolitan Tollroad Irra Susiyanti dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (19/5/2020).

Sebelumnya, terjadi longsor akibat curah hujan tinggi yang mengguyur kampung Hegarmanah RT02/RW04, Desa Sukatani, Kecamatan Ngamprah, Bandung Barat pada 11 Februari 2020 lalu

Penanganan tersebut dikerjakan oleh PT Jasamarga Tollroad Maintenance bersama Jasa Marga Purbaleunyi.

Adapun pekerjaan penanganan di Jalan Tol Cipularang KM 118+600 berupa pembersihan cross drain yang tersumbat material longsor, pembuatan bak kontrol pada inlet cross drain jalur A, dan pemasangan bronjong batu/gabion yang berguna untuk stabilisasi lereng.

Kemudian, merekonstruksi lereng jalur B dengan timbunan material granular dan slag cement dengan perkuatan boredpile dan butress.

Baca juga: Perbaikan Longsor di Sekitar Tol Cipularang Tuntas April 2020

Untuk pekerjaan lining saluran sudah terpasang 700 meter untuk jalur arah Bandung dan 385 meter untuk jalur arah Jakarta. 

Jasa Marga saat ini juga sudah menyelesaikan penanaman rumput vetiver di sisi jalur arah Jakarta guna mencegah erosi tanah agar tidak terjadi longsor kembali dan pemasangan inklinometer untuk memantau pergerakan tanah.

Selain itu, perbaikan dilakukan di area sekitar warga terdampak longsor seperti perbaikan saluran air, bantuan perbaikan rumah, bantuan sewa rumah, serta pemerian bantuan sembako.

Selama proses penanganan longsor ini, lalu lintas di Jalan tol Cipularang berfungsi normal baik dari arah Jakarta maupun Bandung.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.