Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3.500 Rumah di Lampung Akan Direnovasi

Kompas.com - 18/05/2020, 13:30 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu (SNVT) Penyediaan Perumahan Provinsi Lampung akan menyalurkan bantuan Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) sebanyak 3.500 unit Tahun 2020.

Total anggaran untuk penyaluran program BSPS di Provinsi Lampung sebesar Rp 61,25 miliar.

“Saat ini progres pembangunan program BSPS di Provinsi lampung sudah mencapai angka 30 persen,” ujar Kepala SNVT Penyediaan Perumahan Provinsi Lampung Zubaidi dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (18/5/2020).

Zubaidi menerangkan, pelaksanaan program BSPS di Lampung akan dilaksanakan di 9 kabupaten dan 1 kota. 

Rinciannya, Kota Bandar Lampung menerima bantuan 35 unit, Kabupaten Lampung Tengah 740 unit, Kabupaten Lampung Timur 370 unit, dan Kabupaten Lampung Utara 900 unit.

Kemudian, Kabupaten Lampung Selatan 250 unit, Kabupaten Tulang Bawang Barat 200 unit, Kabupaten Pesawaran 270 unit, Kabupaten Mesuji 240 unit, Kabupaten Tanggamus 300 unit, serta Kabupaten Pringsewu sebanyak 195 unit.

Baca juga: Tahun Ini, 1.500 Rumah di Kalimantan Tengah Siap Dibedah

“BSPS atau bedah rumah menjadi salah satu bagian dari Program Sejuta Rumah yang sasarannya masyarakat berpenghasilan rendah. Kami ingin meningkatkan kualitas rumah masyarakat yang tidak layak huni menjadi layak huni,” kata Zubaidi.

Zubaidi mencontohkan, pelaksanaan BSPS di Kabupaten Tulang Bawang Barat saat ini menjadi kabupaten yang progresnya paling cepat dari kabupaten lain.

Dari total 200 Penerima Bantuan (PB) di Kabupaten Tulang Bawang Barat, pelaksanaan program BSPS untuk 28 PB sudah mencapai 30 persen, tepatnya di Desa Purwosari dan Desa Surabaya.

“Kami akan terus memantau progres fisik di lapangan bersama Tenaga Fasilitator Lapangan (TFL) dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah pusat selama pandemik Covid-19,“ pungkas Zubaidi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com