Dampak Covid-19, Harga Rumah Singapura Turun 1 Persen

Kompas.com - 03/05/2020, 13:18 WIB
Tingkat penjualan properti Singapura hanya tumbuh 0,4 persen. www.wikimedia.orgTingkat penjualan properti Singapura hanya tumbuh 0,4 persen.

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 yang melanda Singapura berdampak pada penurunan harga rumah pribadi hingga satu persen pada Kuartal 1- 2020

Kepala Riset dan Konsultasi OrangeTee & Tie Singapura Christine Sun memperkirakan, harga rumah pribadi ini akan terus merosot hingga 4 persen pada akhir tahun apabila pandemi belum usai.

Penurunan harga pada Kuartal I diawali oleh wilayah Core Central Region (CCR) dengan angka  2,2 persen.

Menyusul kemudian Wilayah Tengah (RCR) dan Bagian Luar Wilayah Tengah (OCR) mengalami penurunan harga masing-masing 0,5 persen dan 0,4 persen.

Menurut Sun, penurunan penjualan properti disebabkan kebijakan pembatasan wilayah yang telah berlaku di seluruh negara yang terdampak pandemi.

Baca juga: Imbas Corona, Pasokan Baru Ruang Perkantoran CBD Jakarta Turun Drastis

Pembatasan ini menimbulkan konsekuensi menurunya turis asing yang masuk Singapura. Selain itu, pemerintah setempat juga memberlakukan kebijakan larangan pameran rumah.

Tidak mengherankan jika keseluruhan volume penjualan merosot signifikan pada empat bulan pertama tahun ini.

"Kemerosotan sekitar 12,5 persen dari 4.878 unit pada Kuartal IV-2019 menjadi 4.269 unit pada Kuartal I-2020," ujar Christine Sun dirangkum Kompas.com dari PropertyGuru Singapura, Minggu (3/5/2020).

Larangan pameran properti ini membuat kompetisi semakin ketat. Para broker harus bersaing dengan para pengembang melalui in house marketing dalam menjual properti secara lebih agresif.

Secara keseluruhan, 2.080 rumah seken terjual pada kuartal terakhir, sementara rumah baru terjual 2.149 selama periode yang sama.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X