90 Proyek Jalan Nasional di NTT Dilengkapi Bilik Kesehatan

Kompas.com - 02/05/2020, 20:50 WIB
Ilustrasi disinfektan dan jenisnya shutterstockIlustrasi disinfektan dan jenisnya

KUPANG, KOMPAS.com - Kendati saat ini Indonesia tengah dilanda wabah Covid-19, namun proyek pembangunan jalan nasional di wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur ( NTT) terus berjalan.

Oleh karena itu, Balai Pelaksanaan Jalan Nasional ( BPJN) X Kupang memperhatikan kesehatan semua pekerja yang terlibat dalam pembangunan jalan, untuk mencegah penularan SARS-CoV-2 tersebut.

Salah satu upaya pencegahan adalah dengan membangun bilik kesehatan di semua lokasi proyek jalan Nasional.

"Ada sekitar 90 proyek yang ada di NTT dan 90 bilik kesehatan kami siapkan di lokasi proyek itu," kata Kepala BPJN X Kupang Muktar Napitupulu kepada Kompas.com, Sabtu (2/5/2020).

Baca juga: Pegawai Kementerian PUPR Salurkan Sembako Bagi Warga Tak Mampu di NTT

Bilik kesehatan tersebut dilengkapi dengan alat infra red, dan alat pengukur suhu tubuh.

Semua pekerja konstruksi wajib diperiksa suhu tubuhnya. Kemudian, mereka juga diharuskan selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah bekerja.

Di bilik kesehatan itu, tersedia cairan disinfektan, hand sanitizer, dan vitamin untuk para pekerja proyek.

Tak hanya itu, BPJN X Kupang juga sudah melalukan rapid test terhadap 40 pegawai dan hasilnya negatif.

Pada pekan depan, lanjut Muktar, akan didatangkan 210 alat rapid test yang digunakan untuk memeriksa pegawai BPJN X yang berada di Pulau Timor dan Pulau Flores.

Selanjutnya pada akhir Mei 2020, tes vaksin influenza dan pneumonia serta suntik vitamin C yang merupakan kelanjutan dari seri-seri tes sebelumnya juga akan diberlakukan.

"Kementerian PUPR betul-betul memperhatikan kesehatan pegawainya dan pekeeja konstruksi," kata Muktar.

Dengan perhatian seperti ini, Muktar optimistis proyek pembangunan jalan di wilayah NTT bisa selesai tepat waktu dengan kualitas maksimal, meski kecepatan kerja sedikit menurun.

"Karena kami menerapkan protokol kesehatan dengan ketat, seperti menjaga jarak fisik, dan lain sebagainya," tuntas Muktar.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X