Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Anggap Sepele, Pencahayaan Memadai Sangat Penting Selama WFH

Kompas.com - 29/04/2020, 17:02 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk mencegah penyebaran Covid-19, Pemerintah memberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Hal ini menimbulkan konsekuensi terhadap operasionalisasi banyak perusahaan yang menutup sementara kantornya selama masa PSBB.

Sebagai dampaknya, karyawan diimbau untuk tetap bekerja, namun dilakukan dari rumah.

Demikian halnya dengan para pelajar dan mahasiswa, juga diimbau mengikuti kegiatan belajar dari rumah karena universitas dan sekolah mereka menerapkan kebijakan kelas daring.

Imbauwan mengikuti kelas daring atau bekerja dari rumah, menuntut kita untuk tetap produktif.

Baca juga: Jalankan Misi Dagang Belanda, Signify Rilis Luminer 3D Pertama di Indonesia

Oleh karena itu, dibutuhkan layanan dasar seperti air, gas dan listrik, serta akses internet untuk terhubung ke dunia luar. Layanan lainnya yang sering terlupakan adalah pencahayaan.

Country Leader Signify Indonesia Rami Hajjar mengatakan, pencahayaan sering kali dianggap sepele. Padahal, kehadirannya begitu penting dalam kehidupan sehari-hari kita.

"Pencahayaan yang baik memainkan fungsi esensial dalam meningkatkan produktivitas, karena dapat membantu kita melakukan pekerjaan yang membutuhkan penglihatan dan meningkatkan fokus, bahkan pada siang hari,” kata Rami dalam keterangan kepada Kompas.com, Rabu (29/4/2020).

Pentingnya peran pencahayaan ini mendorong Global Lighting Association memastikan pelaku industri untuk tetap memproduksi, memasok, dan menjual sistem pencahayaan.

Selain fungsi dasarnya sebagai pendukung aktivitas sehari-hari, pencahayaan juga dapat membantu menghibur diri kita pada masa penuh tekanan seperti yang sedang dialami banyak orang saat ini.

Pencahyaan dapat membangun suasana (mood), membantu kita merasa rileks dan menikmati waktu berharga bersama keluarga di rumah.

Pencahayaan juga penting untuk menjaga infrastruktur konektivitas jalan dan lingkungan tetap aman.

Meskipun tidak banyak orang di luar, lingkungan dengan pencahayaan yang memadai akan mengurangi tingkat kejahatan dan membuat orang merasa lebih aman di area publik, dan terutama di lingkungan sekitar rumah mereka.

Pencahayaan yang berfokus pada manusia dapat membantu meningkatkan kinerja rumah sakit dan pemulihan pasien.

Karena cahaya memengaruhi sistem sirkadian tubuh, penggunaan teknologi pencahayaan yang efektif dapat meningkatkan kualitas tidur pasien, mengurangi depresi, dan mengurangi panjang waktu perawatan di rumah sakit.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com