Jasa Marga Catat Penurunan Trafik Tol Selama Masa Darurat Covid-19

Kompas.com - 22/04/2020, 16:00 WIB
Ilustrasi gerbang tol. KOMPAS.com/ERWIN HUTAPEAIlustrasi gerbang tol.

JAKARTA, KOMPAS.com - Regional Jabodetabek-Jabar Division Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk Reza Febriano menuturkan terjadi penurunan trafik lalu lintas di sejumlah tol kelolaan perusahaan.

Menurut Reza selama tujuh hari pertama pemberlakuan kebijakan bekerja dari rumah atau work from home  (WFH) yakni pada 16 Maret-22 Maret 2020, penurunan terjadi di gerbang tol (GT) yang berbatasan dengan wilayah barat, timur, dan selatan.

"Sejak diumumkan kasus Covid pada awal Maret, kemudian pada tanggal 16 Maret ada penetapan terkait status darurat Covid-19, lalu lintas di jalan tol milik Jasa Marga sudah mulai mengalami penurunan," ucap Reza dalam konferensi video di Jakarta, Rabu (22/4/2020).

Baca juga: Mudik Dilarang, Tol Tetap Dibuka untuk Kendaraan Logistik

Di GT Cikampek Utama misalnya, penurunan terjadi hingga sekitar 12 persen, kemudian di GT Cikupa trafik lalu lintas menurun sekitar 14 persen. Sedangkan di GT Ciawi 2, penurunan tercatat terjadi sebesar 16 persen.

Setelah itu, penurunan menjadi semakin signifikan. Reza menyebut, selama 28 hari sejak 16 maret sampai 13 April 2020, trafik lalu lintas di GT Cikampek Utama mengalami penurunan sekitar 27 persen.

Kemudian lalu lintas di GT Cikupa merosot sekitar 26 persen. Penurunan terbesar terjadi di GT Ciawi dengan persentase mencapai 35 persen.

"Monitoring sejak 16 Maret setelah diumumkannya status darurat Covid-19, penurunan di gerbang utama seperti GT Cikampet Utama sekitar 27 persen, GT Cikupa minus 26 persen, GT Ciawi minus 35 persen," tutur Reza.

Baca juga: Bisnis Jalan Tol Anjlok, Pemerintah Upayakan Sejumlah Stimulus



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X