Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gandeng Kemenkes, Homecare24 Beri Layanan Rapid Test Covid-19 Gratis

Kompas.com - 22/04/2020, 12:30 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyedia layanan kesehatan di rumah, Homecare24, bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memberikan layanan rapid test Covid-19 secara gratis bagi masyarakat kurang mampu.

CEO Homecare24 Theresia Lumban Gaol mengatakan, program rapid test Covid-19 gratis bersama Kemenkes RI ini merupakan bentuk kepedulian Homecare24 terhadap penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia.

“Homecare24 merasa sangat perlu untuk ikut serta dalam upaya menghentikan penyebaran Covid-19 di Indonesia, termasuk membantu mereka yang kurang mampu agar bisa mendapatkan layanan kesehatan yang baik” ujar Theresia dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (17/4/2020).

Theresia melanjutkan, program ini juga untuk membantu pemerintah untuk mengetahui pola penularan Covid-19 di Indonesia yang selama ini lebih banyak terdeteksi dan diderita oleh kalangan menengah ke atas.

“Apakah ini karena masyarakat kurang mampu minim dalam mendapatkan akses rapid test Covid-19 mungkin karena faktor biaya? Sehingga data mereka yang terdeteksi dan terpapar Covid-19 juga minim. Atau karena ada faktor lain? Itu yang ingin kami ketahui” lanjut Theresia.

Baca juga: Rapid Test di Jakarta, 3,6 Persen Hasilnya Positif

Program rapid test Covid-19 gratis ini dilakukan dengan melibatkan perawat profesional Homecare24 yang sudah tersertifikasi.

Program ini juga dibawah pengawasan dari Kemenkes. Sehingga, pelaksanaan dan hasil yang didapat terjamin keakuratannya.

Program tersebut dilaksanakan dengan mendatangi langsung beberapa lokasi di mana ada masyarakat kurang mampu. Bahkan, Kemenkes juga mendampingi pelaksanaan rapid test Covid-19 ini.

Selain itu, program rapid test Covid-19 ini juga melibatkan organisasi Gerakan Jaga Indonesia dan Daihatsu.

“Program rapid test Covid-19 oleh Homecare24 dan Kemenkes RI ini diharapkan bisa membantu pemerintah dalam penanganan wabah Covid-19 di Indonesia. Kami yakin dengan adanya kerjasama berbagai pihak, maka wabah ini bisa diatasi dengan lebih cepat,” pungkas Theresia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com