Kompas.com - 22/04/2020, 12:30 WIB
Pelaksanaan rapid test Covid-19 gratis bagi masyarakat kurang mampu merupakan kerjasama Homecare24 dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Dok. Homecare24Pelaksanaan rapid test Covid-19 gratis bagi masyarakat kurang mampu merupakan kerjasama Homecare24 dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyedia layanan kesehatan di rumah, Homecare24, bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memberikan layanan rapid test Covid-19 secara gratis bagi masyarakat kurang mampu.

CEO Homecare24 Theresia Lumban Gaol mengatakan, program rapid test Covid-19 gratis bersama Kemenkes RI ini merupakan bentuk kepedulian Homecare24 terhadap penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Homecare24 merasa sangat perlu untuk ikut serta dalam upaya menghentikan penyebaran Covid-19 di Indonesia, termasuk membantu mereka yang kurang mampu agar bisa mendapatkan layanan kesehatan yang baik” ujar Theresia dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (17/4/2020).

Theresia melanjutkan, program ini juga untuk membantu pemerintah untuk mengetahui pola penularan Covid-19 di Indonesia yang selama ini lebih banyak terdeteksi dan diderita oleh kalangan menengah ke atas.

“Apakah ini karena masyarakat kurang mampu minim dalam mendapatkan akses rapid test Covid-19 mungkin karena faktor biaya? Sehingga data mereka yang terdeteksi dan terpapar Covid-19 juga minim. Atau karena ada faktor lain? Itu yang ingin kami ketahui” lanjut Theresia.

Baca juga: Rapid Test di Jakarta, 3,6 Persen Hasilnya Positif

Program rapid test Covid-19 gratis ini dilakukan dengan melibatkan perawat profesional Homecare24 yang sudah tersertifikasi.

Program ini juga dibawah pengawasan dari Kemenkes. Sehingga, pelaksanaan dan hasil yang didapat terjamin keakuratannya.

Program tersebut dilaksanakan dengan mendatangi langsung beberapa lokasi di mana ada masyarakat kurang mampu. Bahkan, Kemenkes juga mendampingi pelaksanaan rapid test Covid-19 ini.

Selain itu, program rapid test Covid-19 ini juga melibatkan organisasi Gerakan Jaga Indonesia dan Daihatsu.

“Program rapid test Covid-19 oleh Homecare24 dan Kemenkes RI ini diharapkan bisa membantu pemerintah dalam penanganan wabah Covid-19 di Indonesia. Kami yakin dengan adanya kerjasama berbagai pihak, maka wabah ini bisa diatasi dengan lebih cepat,” pungkas Theresia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.