[POPULER PROPERTI] Profesi Perencana dalam Pembangunan Ibu Kota Baru

Kompas.com - 21/04/2020, 09:00 WIB
Pemenang pertama sayembara gagasan desain kawasan ibu kota negara berjudul Nagara Rimba Nusa. Dokumentasi Kementerian PUPRPemenang pertama sayembara gagasan desain kawasan ibu kota negara berjudul Nagara Rimba Nusa.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah saat ini sedang merencanakan pembangunan ibu kota baru.

Untuk memastikan tercapainya pembangunan wilayah yang optimal maka dibutuhkan seorang perencana kota maupun wilayah. Apa itu?

Praktisi pembiayaan infrastruktur dan perencanaan kota Bernardus Djonoputro dalam tulisan kolomnya menjelaskan pentingnya profesi perencana kota atau wilayah.

Menurutnya profesi perencana kota harus memiliki latar belakang pendidikan khusus bidang Perencanaan Kota dan Wilayah atau Urban dan Regional Planning serta Sertifikasi Perencana atau Chartered Planners.

Bernardus mengemukakan, seorang perencana juga harus memiliki kompetensi minimal yang diatur negara.

Ulasan ini menjadi artikel terpopuler di kana Properti Kompas.com pada Senin (20/4/2020), selengkapnya mengenai profesi ini dapat Anda baca pada tautan berikut:

Baca juga: Ibu Kota Negara dan Ketidakpercayaan Pemerintah Pada Perencana Lokal

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Artikel terpopuler lainnya mengenai cara singkat membersihkan kompor gas. Mungkkin selama penerapan karantina mandiri, banyak orang yang mulai melakikan aktivitas memasak.

Oleh karenanya, bagian dapur khususnya kompor harus sering dibersihkan agar tak menyebarkan penyakit.

Lalu bagaimana caranya?

Baca juga: Tips Singkat Bersihkan Kompor Gas

Selanjutnya ide ringkas menciptakan kebun di rumah, Bagi sebagian orang, memiliki kebun mungil di rumah merupakan aktivitas menyenangkan.

Jika Anda berencana memiliki kebun di rumah, berikut tips membuatnya:

Baca juga: 4 Ide Ringkas Bikin Kebun Mungil di Rumah



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X