Pemkab Malang Siapkan “Safe House” di Setiap Desa untuk Pemudik

Kompas.com - 14/04/2020, 21:00 WIB
Bupati Malang M Sanusi. ANTARA/HO-Humas Pemkab Malang/VFTBupati Malang M Sanusi.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang menyiapkan safe house atau tempat karantina di setiap desa yang ada di wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur, guna mengantisipasi penyebaran virus Corona.

Bupati Malang M Sanusi mengatakan, safe house tersebut akan digunakan ketika ada masyarakat pendatang yang tiba dari wilayah yang masuk dalam kategori zona merah atau memiliki kasus terinfeksi Covid-19 tinggi.

Sanusi menjelaskan, warga yang baru saja melakukan perjalanan dari wilayah zona merah juga diperiksa terlebih dahulu oleh tim medis dari Dinas Kesehatan Kabupaten Malang.

"Desa akan menyiapkan safe house. Ketika ada indikasi ada orang harus dikarantina, orang tersebut harus dikarantina di desa yang didatangi tersebut," ujar Sanusi seperti dikutip dari Antara, Selasa (14/4/2020).

Kendati demikian, karantina tersebut hanya ditujukan bagi orang yang berada dalam kondisi sehat.

Namun, jika setelah dilakukan pemeriksaan orang tersebut dinyatakan positif terjangkit Covid-19, maka yang bersangkutan harus dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan intensif.

Baca juga: Tak Mau Ketinggalan, UI Siapkan Guest House untuk Nakes Covid-19

"Jika hasil rapid test dinyatakan positif, maka orang tersebut akan dibawa ke rumah sakit," kata Sanusi.

Sanusi menambahkan, penerapan karantina selama 14 hari tersebut akan berlaku bagi seluruh warga maupun pendatang yang baru saja melakukan perjalanan dari zona merah.

Terkait pembiayaan karantina sepenuhnya akan ditanggung oleh Pemerintah Kabupaten Malang.

Lima personel dari Dinas Kesehatan, TNI, dan Polri akan disiapkan bertugas menjaga safe house tersebut.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X