Kompas.com - 14/04/2020, 20:20 WIB
Rumah Sakit (RS) Siloam Hospitals Asri, Mampang, Jakarta Selatan. siloamhospitals.comRumah Sakit (RS) Siloam Hospitals Asri, Mampang, Jakarta Selatan.

JAKARTA, KOMPAS.comSiloam telah mengoperasikan dua Rumah Sakit (RS) Rujukan Khusus Penanganan Covid-19 yakni, RS Siloam Kelapa Dua dan RS Siloam Mampang.

Rumah sakit tersebut sudah siap menerima pasien terjangkit maupun Pasien dalam Pemantauan (PDP) Covid-19.

RS Siloam Kelapa Dua terletak di bagian timur Lippo Village dilengkapi dengan 214 tempat tidur dan 21 tempat tidur di antaranya berfungsi sebagai Intensive Care Unit (ICU).

Sedangkan, RS Siloam Mampang menyediakan sebanyak 415 tempat tidur dan 18 tempat tidur untuk pelayanan Intensive Care Unit (ICU).

"Pasien bisa langsung dirujuk dan dipindahkan dari RS lainnya di manapun, tidak hanya rujukan dari RS Siloam," ujar Vice President Corporate Public Relation PT Lippo Karawaci Tbk Danang Kemayan Jati dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (16/4/2020).

Baca juga: Penghuni Protes Apartemen Diubah Jadi RS Covid-19, Ini Jawaban Siloam

Danang melanjutkan, pasien terkonfirmasi positif virus Covid-19 berdasarkan tes lab swab atau diagnosa klinis di rumah sakit atau pusat pusat kesehatan lainnya juga bisa langsung menghubungi Siloam untuk pendaftaran.

Siloam juga menyediakan tes PCR nasal swab testing di semua Rumah Sakit Siloam, khususnya RS Siloam Lippo Village di mana pusat lab berada.

Danang menambahkan, Siloam telah ditetapkan sebagai jejaring laboratorium pemeriksanaan Covid-19 selama masa pandemi oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Oleh karena itu Danang mengingatkan, pasien Covid-19 dan PDP di RS Siloam Kelapa Dua dan RS Siloam Mampang akan dirawat dengan biaya Siloam yang nantinya akan ditagih kepada Pemerintah berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan (KMK).

"Sebab KMK atas biaya perawatan Covid-19 tidak akan mencukupi total biaya aktual dari RS Swasta yang tidak menerima subsidi dan bantuan keuangan Pemerintah," cetus Danang.

Dia juga menegaskan, seluruh jaringan, fasilitas, dan pelayanan medis kesehatan untuk umum di 39 RS Siloam tersebar secara nasional tetap beroperasi penuh dan berjalan normal seperti biasa.

Termasuk pelayanan Instalasi Gawat Darurat (IGD), prosedur OT, LDS/Melahirkan, Radiologi, Farmasi, Rawat Jalan, Rawat Inap, Fisioterapi dan lainnya.

"RS Khusus Kanker, Siloam MRCCC juga sepenuhnya beroperasi normal seperti biasa," tuntas Danang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.