Tak Mau Ketinggalan, UI Siapkan "Guest House" untuk Nakes Covid-19

Kompas.com - 03/04/2020, 16:00 WIB
Guest House Universitas Indonesia (UI), Depok, Jawa Barat. ui.ac.idGuest House Universitas Indonesia (UI), Depok, Jawa Barat.

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Pengelolaan dan Pengembangan Unit-Unit Usaha Universitas Indonesia (DPPU UI) menyediakan "guest house" Pusat Studi Jepang (PSJ) sebagai tempat tinggal sementara bagi tenaga medis Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI).

Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk apresiasi tertinggi UI bagi tenaga medis dan sukarelawan kesehatan yang sedang berjuang menangani virus Covid-19.

Direktur DPPU UI Dr drg Nia Ayu Ismaniati menjelaskan, "guest house" PSJ UI ini berlokasi di dalam kampus UI Depok yang mencakup 21 kamar dengan 48 tempat tidur dan fasilitas pelengkap lainnya.

Baca juga: Daftar Hotel Gratis untuk Tenaga Medis Covid-19

Menurut Nia, penyediaan "guest house" PSJ UI ini sebagai tindak lanjut dari arahan dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Kota Depok yang mendedikasikan RS UI ini untuk penanganan pasien Covid-19, khususnya di wilayah Kota Depok.

"'Guest house' PSJ UI ini diharapkan dapat menjadi tempat istirahat yang memadai bagi para tenaga medis yang tengah berjuang," ujar Nia seperti dikutip dari Antara, Jumat (3/4/2020).

Sebagai informasi, "guest house" PSJ UI telah hadir di perguruan tinggi tersebut sejak tahun 1995 untuk melayani kebutuhan akomodasi peserta seminar/wisuda/agenda lainnya yang datang dari luar kota atau luar negeri.

Fasilitas layanan yang ada di antaranya "front desk", layanan kamar, dan juga sarapan pagi. Sedangkan untuk makan siang dan malam disediakan langsung dari RS UI.

Selain itu, tersedia pula toilet lengkap dan kamar yang bersih dan nyaman.

Berkenaan dengan situasi pandemi virus Covid-19, UI juga menyelenggarakan pelatihan bagi para petugas kamar "guest house" PSJ yang difasilitasi langsung oleh Komite Mutu Keselamatan dan Kinerja RSUI.

"Para petugas 'guest house' PSJ UI juga akan diperlengkapi dengan alat pelindung diri (APD) dan rutin melakukan penyemprotan disinfektan di seluruh area PSJ maupun UI sebagai upaya preventif,"  tutup Nia.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X