Mau Urus Sertipikat Tanah? Cek Layanan TTM Pertanahan

Kompas.com - 12/04/2020, 13:36 WIB
Ilustrasi Sertifikat Tanah KOMPAS.com/SRI LESTARIIlustrasi Sertifikat Tanah

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) baru saja meluncurkan aplikasi Layanan Tatap Muka (TTM) Kota Samarinda, Jumat (9/4/2020) lalu.

Layanan tersebut dibuat untuk mempermudah masyarakat dalam mengakses layanan pertanahan di tengah pandemi virus Corona tanpa perlu ke kantor pertanahan.

Menurut Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) BPN Provinsi Kalimantan Timur Asnaedi, layanan TTM memang sangat diperlukan, terutama bagi masyarakat memang membutuhkan layanan pertanahan.

Baca juga: Permudah Layanan Pertanahan, Kementerian ATR/BPN Rilis Aplikasi TTM

Layanan TTM ini sangat membantu pada kondisi sekarang yang tidak normal karena Covid-19 dan meminimalisasi tatap muka.

Dengan begitu, masyarakat tetap bisa memanfaatkan layanan pertanahan dari rumah saja, kecuali harus datang ke kantor apabila memang diperlukan.

Selain itu, layanan TTM memiliki beberapa keuntungan lain yang diterima seperti, masyarakat tak perlu melakukan antrean panjang dan bolak-balik mengurus berkas ke kantor pertanahan.

Kemudian, masyarkat tak perlu bersusah payah mengambil kode billing dan blanko ke kantor pertanahan serta masyarakat hanya perlu ke kantor pertanahan untuk mengantarkan berkas dan menghambil hasil yang diajukan tersebut jika sudah jadi.

Asnaedi mengharapkan, sistem layanan TTM tersebut dapat dipakai oleh Kantor Pertanahan di wilayah Provinsi Kalimantan Timur serta Kalimantan Utara.

"Sistem aplikasi ini sudah berjalan di Kantah Kota Samarinda dan diharapkan dapat dipakai juga di Kantah-Kantah lainnya di Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara. Selamat buat Kantah Kota Samarinda atas inovasinya," tutur Asnaedi.

Keuntungan yang diterima masyarakat setelah memanfaatkan aplikasi Layanan Tatap Muka (TTM).Dok. Biro Hubungan Masyarakat Kementerian Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Keuntungan yang diterima masyarakat setelah memanfaatkan aplikasi Layanan Tatap Muka (TTM).



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X