Fasilitas Isolasi di Pulau Galang Ditargetkan Rampung 28 Maret

Kompas.com - 21/03/2020, 07:00 WIB
Pembangunan fasilitas observasi dan isolasi corona di Pulau Galang ditargetkan rampung pada 28 Maret 2020. Progres konstruksinya saat ini mencapai 32 persen Dok. Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPRPembangunan fasilitas observasi dan isolasi corona di Pulau Galang ditargetkan rampung pada 28 Maret 2020. Progres konstruksinya saat ini mencapai 32 persen

JAKARTA, KOMPAS.com - Konstruksi fasilitas observasi dan isolasi penyakit infeksi menular di Pulau Galang, Batam, ditargetkan rampung pada 28 Maret 2020.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, bangunan di kompleks ini tidak hanya menyediakan fasilitas observasi, isolasi, penampungan, dan karantina, namun juga fasilitas pendukung seperti rumah dokter dan perawat, dapur umum, gudang, laundry, dan lainnya.

"Target yang diberikan Bapak Presiden adalah 2-3 minggu harus selesai dan siap untuk dimanfaatkan," ucap Basuki seperti dikutip Kompas.com dari laman resmi Kementerian PUPR, Jumat (20/3/2020).

Baca juga: Konstruksi Fasilitas Isolasi Corona di Pulau Galang Capai 32 Persen

Secara keseluruhan, progres konstruksinya mencapai 32 persen. Adapun perkembangan  pembangunan fasilitas lain seperti mess perawat, mess petugas, dan mess dokter telah mencapai 37 persen, 30 persen, dan 33 persen.

Kemudian pembangunan gedung sterilisasi mencapai 70 persen. Adapun gedung farmasi, gedung gizi, gedung laundry, gudang, serta powerhouse mencapai 50 prsen, 50 persen, 45 persen, 75 persen, dan 60 persen.

Seluruh fasilitas tersebut berada di Zona A (Renovasi Eks Sinam)

Lalu konstruksi di Zona B antara lain gedung isolasi ICU dengan kapasitas 20 tempat tidur mencapaii 42 persen, gedung observasi berkapasitas 50 tempat tidur mencapai 31 persen, serta geduung observasi 2 berkapasitas 50 tempat tidur sebesar 32 persen.

Selanjutnya, gedung observasi 3 dengan kapasitas 240 tempat tidur mencapai 19 persen. Sedangkan pembangunan fisik landasan helipad saat ini mencapai 90 persen.

Di sekitar fasilitas utama juga akan dilengkapi ruang tindakan, ruang penyimpanan mobile rontgen, ruang laboratorium, dapur, renovasi bangunan eksisting untuk bangunan penunjang.

Kemudian fasilitas air bersih, air limbah, drainase, sampah, dan utilitas lainnya, serta ruang alat kesehatan ruang isolasi dan observasi.

Guna memenuhi kebutuhakn air besih, Kementerian PUPR melalui Balai Wilayah Sungai Sumatera IV Ditjen SDA telah merampungkan pemasangan pemasangan pipa transmisi air baku sepanjang 13,8 kilometer.

Nantinya, air pada fasilitas tersebut bersumber dari Waduk Monggak Rempang.

 

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X