Pasca-pengumuman KLB, Mal di Solo Masih Beroperasi Normal

Kompas.com - 17/03/2020, 12:00 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Solo menetapkan status Kejadian Luar Biasa (KLB) virus Corona di Solo, Jawa Tengah, selama 14 hari.

Penetapan status KLB ini menyusul adanya dua pasien positif Covid-19 yang sempat diisolasi di RSUD Dr Moewardi Solo.

Meski begitu, aktivitas di pusat perbelanjaan di Kota Solo tetap berjalan normal.

Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Solo Veronica Lahji menuturkan, saat ini beberapa pusat perbelanjaan melakukan sterilisasi dengan menyemprotkan desinfektan dalam interval tetap.

Penyemprotan desinfektan juga dilakukan di seluruh bagian gedung terutama yang sering bersentuhan langsung dengan pengunjung seperti pada handrail, tombol lift, dan lain-lain.

Selain itu, para pengunjung yang akan memasuki area mal pun akan dicek suhu tubuhnya. Di setiap pintu masuk mal terdapat hand sanitizer yang disediakan bagi para pengunjung dan karyawan.

Hingga saat ini, Veronica menutukan, belum ada imbauan dari APPBI Jawa Tengah mengenai tindakan lanjutan yang harus dilakukan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: REI Desak Pemerintah Manfaatkan Wisma Atlet untuk Ruang Isolasi Corona

"Kami masih melakukan hal seperti biasa sampai apabila ada kebijakan dari pemerintah yang mengharuskan kami sebagai public area berlaku seperti apa, itu pasti akan kami ikuti. Tapi selama ini masih bisa berjalan semestinya, kami masih berjalan seperti biasa," ujar Veronica kepada Kompas.com, Senin (16/3/2020).

Meski operasional mal masih normal, namun pusat perbelanjaan di Kota Solo melakukan antisipasi dengan menggalakkan kampanye jarak sosial atau social distancing.

"Kami masih terus kampanyekan untuk stay clean stay health, kami juga pastikan tetap beroperasional untuk melayani kebutuhan masyarakat, sehingga masyarakat tidak panic buying," tutur Public Relation The Park Mall Solo Christina Tri Mawarti.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X