Kalahkan Dominasi Laki-laki, Ini Profil Pemenang "Pritzker Prize 2020"

Kompas.com - 05/03/2020, 20:54 WIB
Arsitek Yvonne Farrell dan Shelley McNamara terpilih sebagai pemenang Pritzker Prize 2020. Pritzker PrizeArsitek Yvonne Farrell dan Shelley McNamara terpilih sebagai pemenang Pritzker Prize 2020.


KOMPAS.com -
Dunia arsitektur erat kaitannya dengan dominasi pria. Bahkan, ajang Pritzker Prize yang dianggap setara dengan Nobel pun jarang dimenangkan oleh wanita arsitek.

Akan tetapi hal tersebut berhasil dipatahkan arsitek Zaha Hadid. Dia menjadi perbincangan saat berhasil memenangi tempat tertinggi pada Pritzker Prize 2004.

Melansir laman CNN, dia juga menjadi wanita pertama yang mampu menaklukkan hegemoni pria di dunia arsitektur.

Baca juga: Dobrak Dominasi Laki-laki, 2 Wanita Arsitek Raih Pritzker Prize 2020

Kemudian, pada tahun 2010, arsitek Kazuyi Sejima mengekor kemenangan Zaha Hadid dengan raihan penghargaan serupa bersama dengan Ryue Nishizawa.

Selanjutnya, wanita arsitek lain yang meraih penghargaan ini adalah Carme Pigem. Ia bersanding dengan dua orang rekannya pada tahun 2017.

Arsitek Yvonne Farrell dan Shelley McNamara Pritzker Prize Arsitek Yvonne Farrell dan Shelley McNamara
Eksistensi perempuan dalam dunia ini ternyata masih diperhitungkan dengan terpilihnya Yvonne Farrell dan Shelley McNamara sebagai jawara.

Duo wanita arsitek pendiri Grafton Architects ini  memenangi penghargaan bergengsi Pritzker Prize 2020.

Penghargaan kali ini bisa dibilang unik. Sebab, Farrell dan McNamara merupakan duet wanita pertama yang berhasil meraih penghargaan tertinggi secara bersamaan.

Mereka dikenal akan karyanya yang kerap menggunakan bahan kokoh seperti beton atau batu.

Beberapa di antaranya bangunan Universidad de Ingeniería y Tecnología di Lima, Peru dan Gedung Universitas Bocconi di Milan, Italia.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X