Kompas.com - 04/03/2020, 12:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pajak merupakan salah satu instrumen yang digunakan untuk membiayai berbagai proyek infrastruktur.

Sekretaris Jenderal Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Anita Firmanti mengatakan ada sejumlah pembangunan infrastruktur yang bersumber dari pajak.

Anita menambahkan, saat ini Kementerian PUPR mendapatkan alokasi anggaran sebesar Rp 120 triliun atau nomor dua terbesar setelah Kementerian Pertahanan.

Baca juga: Kata John Wempi, Infrastruktur Jalan Menjawab Kebutuhan Papua

"Sehingga dengan tugas kita yang besar dan alokasi yang besar, saya kira setiap bentuk belanja yang kita lakukan, baik itu juga honor dan belanja barang semuanya ada peraturan pendukung, kita diwajibkan membayar pajak," tutur Anita seperti dikutip Kompas.com dari laman Kementerian PUPR, Rabu (4/3/2020).

Menurut Anita, beberapa proyek yang didanai hasil pajak di antaranya adalah pembangunan 16 bendungan baru dan 45 bendungan yang telah dibangun.

Selain itu, ada 500.000 jaringan irigasi baru, rehabilitasi 2,5 juta irigasi, dan pembangunan 3.000 kilometer jalan baru guna mendukung kawasan strategis.

Infrastruktur lain yang dibangun dari pajak di antaranya peningkatan akses air minum dan sanitasi serta program pengurangan backlog perumahan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.