Summarecon Optimistis, Raup Rp 115 Miliar dari Rumah Mewah Morizen

Kompas.com - 28/02/2020, 20:23 WIB
Klaster Morizen, Summarecon Bekasi, ditawarkan dengan harga mulai dari Rp 3,7 miliar. Dokumentasi Summarecon AgungKlaster Morizen, Summarecon Bekasi, ditawarkan dengan harga mulai dari Rp 3,7 miliar.

JAKARTA, KOMPAS.com - Optimisme di sektor properti perlahan mulai bangkit. Hal ini ditandai dengan peluncuran produk-produk baru.

Tak hanya untuk menengah bawah, dan menengah, kelas di atasnya pun mulai aktif bergerak. Setelah Tokyu Land, dan Ciputra Group dengan tawaran produk senilai Rp 1 miliar ke atas, giliran PT Summarecon Agung Tbk.

Bahkan, pengembang yang dirintis Sutjipto Nagaria ini berani memasarkan rumah tapak (landed house) dengan klasifikasi mewah yang harga termurahnya saja Rp 3,7 miliar.

Baca juga: Summarecon Tutup Atap Perkantoran The Kensington

Rumah ini merupakan pengembangan tahap dua dari Klaster Morizen hasil kerja bareng PT Summarecon Agung Tbk dengan Sumitomo Forestry Co., Ltd.

Menurut Direktur Eksekutif PT Summarecon Agung Tbk Albert Luhur, penyerapan hunian dengan nilai di atas Rp 1 miliar masih menunjukan hasil yang positif.

"Hal ini terlihat dari tingginya minat pembeli, khususnya untuk produk hunian di Summarecon Bekasi," kata Albert menjawab Kompas.com, Jumat (28/2/2020).

Tahap pertama klaster Morizen, contohnya. Yang paling diminati pasar justru tipe terbesarnya. Demikian halnya dengan klaster Olive yang saat itu dijual mulai dari harga Rp 940 jutaan.

Selain itu, imbuh Albert, relaksasi Loan To Value (LTV) atau uang muka untuk pembelian rumah kedua serta pelonggaran PPnBM untuk rumah mewah, ikut mendorong masih kuatnya permintaan hunian menengah ke atas.

Demikian halnya dengan penurunan tarif PPh pasal 22 atas Hunian Mewah dari lima persen menjadi hanya 1 persen, yang memengaruhi keputusan masyarakat membeli rumah.

"Sementara bagi properti berwawasan lingkungan, Bank Indonesia akan diberikan tambahan keringanan rasio LTV dan FTV sebesar 5 persen," cetus Albert.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X