Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Bagi-bagi 2.576 Sertipikat Tanah di Bireun

Kompas.com - 23/02/2020, 13:41 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

BIREUN, KOMPAS.com -  Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan sertipikat tanah untuk 2.576 orang yang dilaksanakan di Lapangan Los Galacticos, Kabupaten Bireun, Aceh, Sabtu (22/2/2020).

Penerima sertipikat tanah tidak hanya berasal dari Kabupaten Bireun, namun juga dari beberapa Kabupaten/Kota di Provinsi Aceh lainnya yaitu Kabupaten Aceh Utara, Kota Lhokseumawe, dan Kabupaten Bener Meriah.

Setelah menyerahkan sertipikat secara simbolis kepada 13 penerima, Jokowi mengungkapkan sertipikat tanah ini dipercepat, karena sengketa tanah terjadi di mana-mana

"Penyebabnya adalah masyarakat hanya menguasai secara fisik tapi belum pegang kepastian hukum hak atas tanah dalam bentuk sertipikat," ujar Jokowi.

Seperti di Aceh, dari 3.2 juta bidang tanah, baru 1.2 juta bidang tanah yang sudah bersertipikat.

"Nah ini jika tidak segera disertipikatkan akan menjadi potensi sengketa pertanahan," sebut Jokowi. 

Dia menambahkan, selain memberikan kepastian hukum hak atas tanah, sertipikat juga dapat diagunkan ke bank untuk memperoleh modal dalam rangka meningkatkan kesejahteraan keluarga.

Sementara itu dalam sambutannya Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan A Djalil mengungkapkan, telah menargetkan akan mengupayakan paling lambat tahun 2024 seluruh tanah di Provinsi Aceh terdaftar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com