Jokowi Bagi-bagi 2.576 Sertipikat Tanah di Bireun

Kompas.com - 23/02/2020, 13:41 WIB
Masyarakat Bireun, Provinsi Aceh, mendapatkan sertipikat tanah gratis dari Presiden Jokowi, Sabtu (22/2/2020). Dokumentasi Kementerian ATR/BPNMasyarakat Bireun, Provinsi Aceh, mendapatkan sertipikat tanah gratis dari Presiden Jokowi, Sabtu (22/2/2020).

BIREUN, KOMPAS.com -  Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan sertipikat tanah untuk 2.576 orang yang dilaksanakan di Lapangan Los Galacticos, Kabupaten Bireun, Aceh, Sabtu (22/2/2020).

Penerima sertipikat tanah tidak hanya berasal dari Kabupaten Bireun, namun juga dari beberapa Kabupaten/Kota di Provinsi Aceh lainnya yaitu Kabupaten Aceh Utara, Kota Lhokseumawe, dan Kabupaten Bener Meriah.

Setelah menyerahkan sertipikat secara simbolis kepada 13 penerima, Jokowi mengungkapkan sertipikat tanah ini dipercepat, karena sengketa tanah terjadi di mana-mana

"Penyebabnya adalah masyarakat hanya menguasai secara fisik tapi belum pegang kepastian hukum hak atas tanah dalam bentuk sertipikat," ujar Jokowi.

Seperti di Aceh, dari 3.2 juta bidang tanah, baru 1.2 juta bidang tanah yang sudah bersertipikat.

"Nah ini jika tidak segera disertipikatkan akan menjadi potensi sengketa pertanahan," sebut Jokowi. 

Dia menambahkan, selain memberikan kepastian hukum hak atas tanah, sertipikat juga dapat diagunkan ke bank untuk memperoleh modal dalam rangka meningkatkan kesejahteraan keluarga.

Sementara itu dalam sambutannya Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan A Djalil mengungkapkan, telah menargetkan akan mengupayakan paling lambat tahun 2024 seluruh tanah di Provinsi Aceh terdaftar.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X