Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simpel dan Modern, 4 Desain Rumah Gaya Jepang Bisa Anda Tiru

Kompas.com - 19/02/2020, 14:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Selain kemajuan teknologinya, Jepang juga terkenal dengan gaya perumahan minimalis seperti desain rumah bergaya Japandi maupun Wabi-sabi.

Rumah bergaya khas Jepang ini memiliki tempat di hati para penggemarnya sebagai rumah pintar dengan desain arsitektur ruang perencanaan yang tidak rumit.

Jika Anda tertarik untuk mengaplikasikan desain arsitektur rumah khas Jepang dari beberapa arsitek lokalnya, simak empat ide berikut ini.

1. House in Kyoto by 07BEACH

Rumah di Kyoto, Jepang karya 07BEACHwallpaper.com Rumah di Kyoto, Jepang karya 07BEACH

Rumah karya 07BEACH yang dibalut kayu ini sebenarnya dirancang untuk sebuah keluarga yang memiliki pasangan dan tiga anak kecil mereka di Kyoto Utara, Jepang.

Desain rumah kayu tersebut dirancang atas kemauan dari keluarga kecil di Kyoto Utara ini untuk menciptakan rumah sederhana sekaligus bisa mengawasi anak-anak mereka setiap saat.

Akhirnya, 07BEACH menempatkan sebatang pohon muda di tengah-tengah ruang tamu dua tingkat yang memiliki filosofi mendalam.

Filosofi tersebut dimaksudkan agar pohon tersebut dapat tumbuh bersama anak-anak mereka seiring perjalanan waktu.

Untuk lantai pertama, terdapat tikar tatami dan kamar tidur anak-anak yang dilengkapi dengan jendela besar sehingga cahaya matahari dapat masuk lebih banyak.

2. Sakaushi House in Tokyo, by Taku Sakaushi

Sakaushi House di Tokyo, oleh Taku Sakaushi.
wallpaper.com Sakaushi House di Tokyo, oleh Taku Sakaushi.

Rumah rancangan arsitek Jepang Taku Sakaushi ini selesai dibangun pada tahun 2019 lalu yang merupakan rumah pribadi bersama sang istri.

Taku membeli situs seluas 50 meter persegi di Shinjuku, Jepang, yang awalnya hanya untuk investasi saja.

Ia kemudian mempertimbangkan situs tersebut dan membuat perencanaan pembangunan rumah yang dibangun dengan tiga tingkat, satu tingkat didesain berada di bawah tanah.

Baca juga: 3 Pilihan Desain Atap Modern, Bisa Diterapkan di Rumah

Dengan batas dua tingkat di atas tanah, ia kemudian menggeser ruang tamu ke lantai atas, ruang kerja, ruang belajar, dan ruang kaligrafi untuk istrinya ke bagian tengah rumah.

Desain ini dipengaruhi sejumlah pengalaman arsitektur dari buku yang diterbitkannya pada tahun 2010 berjudul Arsitektur sebagai Bingkai (Sankeisha) dan Rumah di Uehara yang dirancang oleh gurunya, Kazuo Shinohara.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com