Rumah Modern Tak Hanya Populer, Juga Ramah Kantong

Kompas.com - 18/02/2020, 14:22 WIB
Ilustrasi rumah kecil in4malIlustrasi rumah kecil

KOMPAS.com - Tinggal di rumah yang dirancang dengan baik, bila dibandingkan dengan perumahan tradisional, dapat menciptakan peningkatan besar dalam hidup Anda.

Saat ini, model hunian yang menerapkan arsitektur modern makin digemari. Arsitektur hunian modern berkembang pada awal hingga pertengahan tahun 1900-an seiring dengan kemajuan teknologi konstruksi.

Selain itu, penggunaan material baru seperti kaca, beton, dan logam semakin menegaskan arsitektur yang fungsional dan baru.

Desain modern juga ditandai oleh tata letak dan denah sederhana dengan bentuk geometris serta atap horisontal.

Baca juga: Amazon Jual Rumah Nomad, Dilengkapi Dapur dan Kamar Mandi

Apalagi ditambah dengan perkembangan dunia konstruksi dan materialnya, saat ini bentang atap dapat didesain cukup jauh sehingga memungkinkan struktur dinding dapat terbuka.

Rancangan ini pun membuat penghuni rumah mendapatkan pandangan eksterior serta pencahayaan alami.

Tentu saja akhir-akhir ini banyak rumah beresain modern tapi harganya selangit. Lalu bagaimana mendapatkan rumah modern dengan harga sesuai di kantong?

Mengutip laman YR Architecture, desain rumah modern biasanya memiliki tata letak denah yang sederhana. Denah yang sederhana ini lebih terjangkau daripada tata letak rumah yang rumit.

Tak hanya itu, denah rumah modern juga sering didesain dengan konsep terbuka yang menghilangkan dinding atau interior yang tidak perlu.

Dengan kata lain, desain terbuka menciptakan ruang bersama yang membuat kehidupan di dalam rumah menjadi lebih hidup, karena para penghuni dapat sering bertemu di ruang-ruang tertentu. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X