Bisnis Pergudangan dan Kawasan Industri Mulai Bangkit di Banjarmasin

Kompas.com - 18/02/2020, 13:24 WIB
BizPark Ciputra Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Ciputra GroupBizPark Ciputra Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum pulihnya sektor pertambangan, tidak lantas membuat Banjarmasin, ibu kota Kalimantan Selatan, terpuruk jauh.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan terus berupaya keras mendorong sektor ekonomi alternatif yang dapat menggantikan sektor pertambangan sebagai primadona di Banjarmasin.

Posisi Banjarmasin sangat strategis sebagai kota transit untuk distribusi barang, karena dekat dengan Surabaya dan Makassar.

Inilah alasan mengapa Banjarmasin tetap dilirik oleh perusahaan dan industri nasional sebagai wilayah ekspansi dalam rangka pemerataan distribusi produknya.

Baca juga: Ikon Baru Kalsel, Jembatan Cable Stayed Lengkung Pertama di Indonesia

Selama dua tahun terakhir, ekspansi beberapa perusahaan dan industri nasional terus masuk ke kota ini.

Perusahaan dan industri tersebut relatif tidak terpegaruh terhadap kondisi perekonomian nasional, sebab produk yang dihasilkan adalah consumer goods (barang konsumsi) yang setiap hari dibutuhkan masyarakat.

Direktur Ciputra Group Johan Giam mengatakan, industri consumer goodstetap melakukan ekspansi usaha.

" Di Banjarmasin, kebutuhan atau permintaan terhadap pergudangan dan area industri masih tumbuh, meski tidak dalam jumlah masif,” kata Johan dalam keterangannya kepada Kompas.com, Selasa (18/2/2020).

Karena itu kebutuhan akan pergudangan dan kawasan industri akan terus tumbuh saat sektor pertambangan kembali membaik.

Contohnya tahun 2019, permintaan gudang dan kavling industri di BizPark Ciputra Banjarmasin  memperlihatkan peningkatan.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X