Ikon Baru Kalsel, Jembatan "Cable Stayed" Lengkung Pertama di Indonesia

Kompas.com - 08/02/2020, 18:52 WIB
Rendering Jembatan Sei Alalak, Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Dokumentasi Wijaya KaryaRendering Jembatan Sei Alalak, Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

BANJARMASIN, KOMPAS.com - Tak lama lagi, Kalimantan Selatan (Kalsel) akan memiliki ikon baru, Jembatan Sei Alalak. Infrastruktur konektivitas ini ditargetkan dapat fungsional pada akhir Desember 2020.

Tak hanya penanda (tengara) kawasan, Jembatan Sei Alalak digadang-gadang merupakan jembatan cable stayed  dengan struktur lengkung pertama di Indonesia.

Jembatan ini merupakan jalur utama yang menghubungkan ibu kota Banjarmasin, dengan berbagai kota di Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah.

 

Sedianya, menurut Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) I.5 Kalimantan Selatan Andika Mulrosha, secara kontraktual pembangunan Jembatan Sei Alalak rampung pada Maret 2021.

Baca juga: Basuki Resmikan Infrastruktur Pertama di Indonesia yang Dibiayai Dana CSR

Namun, pembangunannya dipercepat karena seluruh aspek konstruksi dapat dikerjakan dengan lancar, terutama pembebasan lahan di sisi Kota Banjarmasin, dan Kabupaten Barito Kuala.

"Pembebasan lahan tidak ada kendala, karena Pemerintah Kota Banjarmasin, dan Kabupaten Barito Kuala sangat aktif mendukung pembangunan jembatan ini," kata Andika kepada Kompas.com, di Banjarmasin, Sabtu (8/2/2020).

Saat ini, progres pembangunan sudah sampai tahap pengecoran pilon yang akan dilanjutkan dengan pembangunan bentang utama sepanjang 300 meter dan lebar 20 meter.

Menurut Andika, selama pekerjaan Jembatan Sei Alalak, arus lalu lintas dialihkan ke Jembatan Kayutangi 2.

Tak hanya itu, PPK Jembatan Sei Alalak juga akan melakukan demolisasi Jembatan Kayu Tangi 1, seiring kemajuan pembangunan Jembatan Sei Alalak.

Andika menjelaskan, Jembatan Sei Alalak merupakan jembatan yang menggunakan kabel-kabel berkekuatan tinggi sebagai penggantung yang menghubungkan gelagar dengan menara.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X