Basuki Tegaskan Tol Cipularang Aman Dilalui

Kompas.com - 18/02/2020, 10:26 WIB
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono ditemani Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk meninjau lokasi longsor di 8 meter ruang milik jalan Tol Cipularang, Senin (17/2/2020). KOMPAS.com/ROSIANA HARYANTIMenteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono ditemani Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk meninjau lokasi longsor di 8 meter ruang milik jalan Tol Cipularang, Senin (17/2/2020).

BANDUNG BARAT, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menegaskan Tol Cipularang aman dilalui kendaraan. Pernyataan ini keluar, usai Basuki meninjau lokasi longsor di KM 118+600.

"Masih aman. Semua ada safety factor-nya," ucap Basuki, Senin (17/2/2020).

Baca juga: Basuki Instruksikan Perbaikan Drainase Terkait Longsor Dekat Tol Cipularang

Sebagai informasi, longsor menerjang Kampung Hegarmanah RT 02/RW 04, Desa Sukatani, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Basuki menjelaskan, longsor terjadi akibat adanya saluran irigasi di atas tebing. Saluran irigasi tersebut, tidak diperkuat dengan struktur memadai, atau hanya berupa tanah biasa.

Ketika saluran tersebut menerima air, maka akan langsung dialirkan ke tanah. Hal ini membuat kondisi tanah menjadi jenuh hingga menyebabkan longsor.

Hingga saat ini, penanganan longsor dilakukan secara komprehensif khususnya pada area yang terletak 8 meter dari Ruang Milik Jalan (Rumija) Tol Cipularang.

Namun untuk menjamin keamanannya, Basuki mengatakan kendaraan berat untuk sementara diimbau tidak melalui jalan ini.

Akan tetapi, imbauan tersebut baru sebatas rencana. Sebab, pelarangan kendaraan berat harus mendapat persetujuan pihak kepolisian.

"Saya kira nanti Pak Kakorlantas yang menetapkan, mudah-mudahan mulai besok kami tetapkan ini. Lebih cepat lebih baik," ucap dia.

 

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X