Siap Gelar Piala Dunia U20, Stadion Manahan Dilengkapi Jacuzi

Kompas.com - 16/02/2020, 14:53 WIB
Stasdion Manahan Solo, Jawa Tengah. Dok. Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPRStasdion Manahan Solo, Jawa Tengah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, Sabtu (15/2/2020).

Peresmian dilakukan usai proses renovasi besar-besaran oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) rampung.

Jokowi didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, serta Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo.

Renovasi senilai Rp 301,3 miliar tersebut menjadikan Stadion Manahan lebih modern, berstandar Internasional, dan siap menggelar Piala Dunia FIFA U20 tahun 2021 mendatang.

"Alhamdulillah, kami telah melakukan renovasi besar-besaran Stadion Manahan agar fasilitasnya menjadi lebih baik dan bisa segera ditetapkan FIFA maupun PSSI sebagai stadion tuan rumah Piala Dunia U20," ucap Jokowi.

Acara peresmian Stadion Manahan ditandai dengan penandatanganan prasasti dan penyerahan bola secara simbolis kepada anak gawang untuk memotivasi prestasi para generasi muda.

Setelah peresmian, acara dilanjutkan dengan pertandingan persahabatan antara tim Persis Solo melawan Persib Bandung.

Dilengkapi Jacuzi

Stadion Manahan direnovasi sedemikian rupa, termasuk pembenahan drainase lapangan, sehingga saat hujan tiba takkan terjadi genangan.

Selain itu, dipasang pula pencahayaan dan tata suara berkekuatan 100 desibel menggunakan lampu LED dengan sistem penerangan field of play (FOP) 1.500 lux.

Sementara lapangannya ditanami rumput berjenis Zoysia Japonica, sama dengan yang digunakan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Senayan. Sedangkan lintasan atletiknya telah mendapat sertifikat kelas 2.

Baca juga: Manahan Solo Stadion Piala Dunia U-20, Salatiga Siap Jadi Home Base

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X