Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULAR PROPERTI] Viral Tanah Dihargai Rp 18.000 dan WNA Bangun Jembatan

Kompas.com - 06/12/2019, 07:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Berita terpopular di Kanal Properti Kompas.com sepanjang Kamis (5/11/2019) beragam isu. Mulai dari persoalan pertanahan, infrastruktur, hingga pemakaman maestro properti Indonesia, Ciputra.

Video viral seorang wanita yang menangis karena lahan miliknya dihargai hanya Rp 18.000 per meter persegi menjadi artikel terpopular.

Kementerian ATR/BPN menjelaskan, lahan tersebut akan digunakan untuk membangun Jalan Tol Trans Sumatera ruas Pekanbaru-Dumai.

Artikel selengkapnya bisa dibaca di tautan ini: Viral Video Wanita Menangis Tanahnya Dihargai Rp 18.000, Ini Penjelasan Kementerian ATR/BPN

Berikutnya, kiprah seorang WNA Toni Ruttiman yang membangun jembatan gantung di daerah-daerah terpencil di Indonesia kembali menjadi perbincangan publik.

WNA asal Swiss ini telah membangun puluhan jembatan gantung di seluruh Indonesia yang kemudian mendapat bantuan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Untuk membaca kisah lengkapnya, silakan buka link ini: Kembali Viral, Toni Ruttiman yang Tak Berdarah Indonesia Bangun Jembatan di Daerah

Selanjutnya berita mengenai progres konstruksi Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek atau Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated yang sudah mendekati garis akhir.

Direktur Utama PT Jasa Marga Jalanlayang Cikampek (JJC) Djoko Dwijono mengatakan, konstruksi jalan tol layang terpanjang di Indonesia tersebut mencapai 99,976 persen.

Dengan capaian ini, jalan tol yang membentang dari ruas Cikunir hingga Karawang tersebut dapat mengurangi kepadatan kendaraan di sepanjang Jalan Tol Jakarta-Cikampek eksisting sebesar 30 persen.

"Kapasitas tadi bayangan mudahnya adalah dari 4 (lajur) jadi 6 (lajur). Jadi ada penambahan sebesar 50 persen kapasitasnya," tutur Djoko di Jakarta, Rabu (4/12/2019).

Berita selengkapnya bisa dibaca di link berikut: Jalan Tol Layang Cikampek Diprediksi Kurangi Kemacetan 30 Persen

Terakhir berita mengenai pemakaman begawan properti Indonesia DR (HC) Ir Ciputra yang dihadiri ribuan pentakziah.

Ciputra dikebumikan di pemakaman keluarga, Jonggol, Kabupaten Bogor. Makamnya dekat dengan pusara kedua orang tuanya, Lim Eng Nio dan Tjie Siem Po.

Tampak sejumlah tokoh nasional, seperti peraih medali emas bulutangkis Olimpiade Barcelona 1992 Susi Susanti, Boy Sadikin, dan Exacty Sahid Sukamdani, hadir di antara ribuan pentakziah yang merupakan keluarga dan kerabat dekat.

Link berikut ini menjelaskan prosesi lengkap pemakaman Ciputra pada Kamis (5/12/2019) pagi: Ribuan Orang Melepas Kepergian Sang Legenda, Ciputra

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com