Mengapa Pengembang Hunian Berebut Milenial?

Kompas.com - 08/08/2019, 15:24 WIB
Ilustrasi Milenial Berinvestasi ShutterstockIlustrasi Milenial Berinvestasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Millennials atau milenial. Istilah ini makin popular menjadi "dagangan" atau bisa juga disebut sebagai gimmick, para pelaku usaha, termasuk pengembang properti.

Produk-produk baru yang mereka rilis dan kembangkan, selalu dibubuhi kata "milenial". Entah itu "apartemen milenial", "rumah milenial", atau "hunian milenial".

Cocok atau tidak properti-properti tersebut untuk kalangan milenial, itu perkara lain. Yang penting, ikut arus zamannya milenial yang memang tengah melambung.

Dalam catatan Kompas.com, nyaris seluruh pengembang menyasar kelompok ini. Sebut saja Ciputra Group, PT PP Properti, Adhi Properti, Wika Realty, Media Land, Perumnas, PT Intiland Development Tbk, sekadar menyebut contoh.

Sementara Sinarmas Land, meski serupa membidik pasar milenial, namun diimbuhi kata-kata "milenial mapan", dan "keluarga muda berpenghasilan mapan".

Siapa sih milenial? Ada apa dengan milenial? Kenapa selalu disebut-sebut?  

Baca juga: Lima Tahun Lagi, Generasi Milenial Terancam Tidak Bisa Membeli Rumah

Mengutip buku Statistik Gender Tematik: Profil Generasi Milenial Indonesia (2018) hasil kerja bareng Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan Badan Pusat Statistik, istilah milenial dicetuskan pertama kali oleh William Strauss dan Neil.

Dalam bukunya yang berjudul Millennials Rising: The Next Great Generation (2000), mereka menciptakan istilah ini tahun 1987, yaitu pada saat anak-anak yang lahir pada tahun 1982 masuk pra-sekolah.

Saat itu media mulai menyebut sebagai kelompok yang terhubung ke milenium baru ketika lulus SMA tahun 2000.

Pendapat lain menurut Elwood Carlson dalam bukunya yang berjudul The Lucky Few: Between the Greatest Generation and the Baby Boom (2008), generasi milenial adalah mereka yang lahir dalam rentang tahun 1983 sampai dengan 2001.

Jika didasarkan pada Generation Theory yang dicetuskan oleh Karl Mannheim pada 1923, generasi milenial adalah generasi yang lahir pada rentang1980 sampai dengan 2000.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X