Ingin Hidup Harmonis? Ikuti 4 Prinsip Zen Living

Kompas.com - 20/07/2019, 12:00 WIB
Hidup harmonis ikuti 4 prinsip zen living DekorumaHidup harmonis ikuti 4 prinsip zen living

KOMPAS.com - Filosofi Zen nampak semakin relevan diterapkan untuk mengimbangi gaya hidup modern. Zen Living dipercaya dapat menghadirkan kebahagiaan dan ketenangan di dalam jiwa.

Namun untuk memperoleh hasilnya secara menyeluruh, Zen Living tak bisa sebatas dipahami sebagai filosofi atau aliran spiritual saja, Zen Living perlu diterapkan secara langsung dalam kehidupan sehari-hari.

Rumah dapat menjadi sarana pendukung untuk Anda yang serius ingin menjalani hidup ala Zen Living.

Penerapan prinsip Zen Living pada penataan rumah menjadi resep manjur dalam menciptakan suasana harmonis.

Setelah menjalani kesibukan dan aktivitas yang padat sepanjang hari, tentu sangat melegakan apabila bisa beristirahat dengan rileks di rumah.

Beberapa praktisi Zen Living berbagi bahwa dengan perubahan sederhana dalam penataan ataupun cara bersikap, ketenangan dan suasana tentram bisa tercipta di dalam rumah.

Inilah, 4 prinsip Zen Living yang bisa Anda aplikasikan pada hunian.

Sisakan Ruang Kosong

Sisakan ruang kosongDekoruma Sisakan ruang kosong
Dalam buku The Art of Simple Living, Kepala Biksu di Kuil Kenkoji, Shunmyo Masuno, menganjurkan kita menyempatkan waktu untuk menjernihkan pikiran dengan tak memikirkan apapun.

Dengan melimpahnya kesibukan, padatnya aktivitas, dan beratnya tekanan pekerjaan, hampir mustahil rasanya untuk bisa mengosongkan isi kepala kita.

Maka dari itu keberadaan ruang kosong di dalam rumah jadi begitu penting. Ruang kosong dapat memberikan efek lapang pada ruangan dan menjauhkan Anda dari distraksi yang merusak ketenangan saat sedang berelaksasi.

Menghadirkan Taman di Lahan Terbuka

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X