Para Pahlawan Mudik 2019

Kompas.com - 04/06/2019, 23:27 WIB
jasa Marga mencatat volume kendaraan yang melintas pada Senin (3/6/2019) atau H-2 Lebaran tercatat sebesar 67.572 unit melalui Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama.
Dok. Jasa Marga jasa Marga mencatat volume kendaraan yang melintas pada Senin (3/6/2019) atau H-2 Lebaran tercatat sebesar 67.572 unit melalui Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama.

CIKAMPEK, KOMPAS.com - Tak ada kemacetan berarti hingga puluhan kilometer seperti terjadi saat Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) beroperasi kali perdana pada musim mudik Lebaran  13 Juni 2015.

Tak ditemukan pula kecelakaan lalu lintas mayor yang merenggut puluhan korban meninggal dunia, seperti kecelakaan dramatis bus Rukun Sayur pada 14 Juli 2015 di KM 207 Tol Palimanan-Kanci.

Demikian pula peristiwa sejenis tragedi Brebes Exit (Brexit) pada periode mudik 2017 yang menyisakan duka nestapa mendalam para pemudik. Semua itu tak terjadi pada 2019, alias nihil sama sekali.

Yang terjadi dan terpantau di lapangan oleh Tim Merapah Trans-Jawa 4.0 Kompas.com adalah perjalanan mudik yang lebih baik, lebih lancar, nyaman, aman, cepat, dan menyenangkan.

Kesaksian tak hanya disampaikan oleh satu, dua, atau tiga pemudik, melainkan oleh mereka yang bersedia diwawancara selama ekspedisi Tim Merapah Trans-Jawa 4.0 Kompas.com mulai dari Merak di Banten, hingga Probolinggo di Jawa Timur.

Baca juga: Mudik Lancar, Warganet: Kemacetan Itu Tradisi, Kok Dihilangkan?

Tentu saja, fakta yang terjadi di lapangan sesuai dengan ekspektasi para pejabat negeri penyelenggara perhelatan mudik Lebaran 2019.

Para petugas di lapangan yang berjasa di balik lancarnya perjalanan mudik Lebaran 2019. Hilda B Alexander/Kompas.com Para petugas di lapangan yang berjasa di balik lancarnya perjalanan mudik Lebaran 2019.
Mulai dari Kementerian Perhubungan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Badan Usaha Jalan Tol (BUJT), Kepolisian Republik Indonesia, Kementerian Kesehatan, dan berbagai pihak yang terlibat, termasuk masyarakat.

"Mudik tahun ini adalah tentang happiness. Kembali pulang ke kampung halaman dengan perasaan gembira, bahagia, suka cita. Mudik adalah perjalanan yang menyenangkan," tutur Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Kami merangkum beberapa sosok yang bertugas di lapangan dengan kontribusi demikian signifikan bagi kenyamanan, keamanan, keselamatan, dan perasaan gembira saudara-saudara pemudiknya.

Mereka tak cuma bekerja keras hingga puluhan jam tanpa jeda, juga rela berpisah dengan keluarga tercinta.

Bahkan, ada di antara mereka yang berkali-kali Lebaran, tak kunjung pulang demi memastikan masyarakat Indonesia dapat bertemu handai taulan.

Berikut ini adalah mereka yang berjasa di balik lancarnya mudik Lebaran 2019:

GM PT Jasamarga Cabang Jakarta Cikampek Raddy R Lukman

Bagi pria kelahiran Bogor 6 November 1967 ini, kelancaran dan keselamatan para pemudik adalah hal utama. Untuk itu berbagai upaya dan strategi dilakukan, untuk kemudian dievaluasi dan diperbaiki.

Halaman:


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Close Ads X