Senin, Tol Cijago Seksi II Dibuka Fungsional

Kompas.com - 02/06/2019, 12:52 WIB
Tol Cijago Seksi II (Raya Bogor-Kukusan) Kementerian PUPRTol Cijago Seksi II (Raya Bogor-Kukusan)

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan Tol Cinere-Jagorawi Seksi II Raya Bogor-Kukusan sepanjang 5,5 kilometer akan dibuka fungsional saat musim lebaran kali ini.

Pembukaan ini akan dilakukan selama sepekan yaitu pada pada H-2 atau Senin (3/6/2019) pukul 14.00 WIB hingga H+4 atau Senin (10/6/2019) pukul 14.00 WIB mendatang.

"Dibukanya Tol Cijago Seksi II yang merupakan bagian Tol Jakarta Outer Ring Road 2 (JORR 2) akan terhubung dengan ruas tol Cijago Seksi I (Jagorawi – Raya Bogor) sepanjang 3,7 Km yang beroperasi dengan tarif Rp 4.500 (Golongan I)," ucap Kepala Biro Komunikasi Publik, Endra S Atmawidjaja, dalam keterangan tertulis, Minggu (2/6/2019).

Selama Tol Cijago Seksi II dibuka fungsional ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Untuk pergerakan lalu lintas kendaraan dari arah Jagorawi menuju ke arah Margonda dan Kukusan, maka transaksi pembayaran dilakukan di Gerbang Tol (GT) keluar (off ramp pay), yaitu di GT Cisalak 2 (eksisting), GT Margonda 2 dan GT Kukusan 2.

Selanjutnya, untuk arah sebaliknya, dari arah Kukusan dan Margonda yang akan menuju arah Jagorawi, maka transaksi dilakukan di GT masuk (on ramp pay), yaitu di GT Kukusan 1, GT Margonda 1, dan GT Cisalak 1 serta GT Cisalak 3.

Khusus untuk GT Cisalak 4 dan GT Margonda 3 yang melayani lalu lintas arah Raya Bogor menuju Kukusan dan Margonda 1 (off ramp) dan GT Cisalak 3 (off ramp) tidak difungsikan.

Hal ini dilakukan sebagai upaya dalam memperhatikan keutamaan pelayanan lalu lintas jarak jauh, sehingga pada Seksi Raya Bogor – Kukusan ini belum dikenakan tarif tol alias gratis.

Pembangunan Tol Cijago sepanjang 14,64 Km oleh PT Translingkar Kita Jaya terbagi menjadi tiga seksi. Tol Cijago Seksi I dimulai dari interchange Jagorawi hingga ke Jalan Raya Bogor, Seksi II dimulai dari Jalan Raya Bogor hingga Kukusan, dan Seksi III Kukusan ke Cinere.

Bila Seksi I dan II sudah tersambung dan sudah operasional akan mempersingkat jarak dan waktu kendaraan dari Jagorawi menuju ke Kota Jakarta dan Depok.

Selain itu nantinya kehadiran jalan tol ini akan mengurai kemacetan yang sering terjadi pada Jalan Margonda, Jalan Juanda, kawasan Kukusan, dan Jalan Raya Bogor menuju ke Jagorawi.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X