Diresmikan Jokowi, Tol Pandaan-Malang Beroperasi

Kompas.com - 13/05/2019, 11:14 WIB
Presiden Joko Widodo saat peresmian Tol Pandaan-Malang, Senin (13/5/2019).Dani Prabowo/Kompas.com Presiden Joko Widodo saat peresmian Tol Pandaan-Malang, Senin (13/5/2019).

MALANG, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi meresmikan Tol Pandaan-Malang Seksi 1-3 dari Pandaan hingga Singosari, Senin (13/5/2019). Dengan peresmian ini, tol sepanjang 30,6 kilometer ini resmi beroperasi. 

Pantauan Kompas.com, Presiden tiba di lokasi pukul 10.53 WIB. Setelah mendapat penjelasan dari Direktur Jenderal Bina Marga Sugiyartanto dan Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit, Presiden langsung meresmikan jalan tol ini. 

"Dengan mengucap bismillahirohmanirohhim, dengan ini Jalan Tol Pandaan-Malang Seksi 1 sampai 3 saya resmikan," ucap Presiden di Gerbang Tol Singosari.

Dia berharap, jalan tol ini bisa mempercepat mobilitas barang jasa dan masyarakat, sehingga Malang Raya bisa menjadi kawasan wisata yang saling terkoneksi. 

"Dengan begitu, pertumbuhan ekonomi pun meningkat," sambung Presiden.

Baca juga: Setelah Diresmikan, Tol Pandaan-Malang Gratis Selama Mudik

Setelah meresmikan, Presiden yang mengenakan kemeja putih lengan panjang dan celana hitam itu langsung menjajal jalan tol dan menuju Gerbang Tol Pakis di Seksi 4.

Tampak dalam peresmian tersebut Menteri Pekerjaaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Rini M Soemarno, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk Desi Arryani, dan Direktur Utama PT Jasamarga Pandaan Malang Agus Purnomo.

Kemudian, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Walikota Malang Sutiaji, dan Plt Bupati Malang Muhammad Sanusi. 

Sementara itu, Basuki mengatakan, kehadiran jalan berbayar ini telah dinantikan masyarakat untuk mendukung kelancaran arus barang dan jasa dari Pandaan menuju Malang.

Selain itu, juga diharapkan dapat mendukung keberadaan sejumlah destinasi wisata yang ada di sekitar Malang.

Misalnya, kawasan wisata dan taman safari Prigen, kebun teh Wonosari, Candi Singosari dan kawasan wisata Batu.

Baca juga: Ada Situs Purbakala di Tol Pandaan, BPJT Tunggu Rekomendasi BPCB

Tol ini juga akan meningkatkan akses bagi Kawasan Ekonomi Khusus Singosari dan Bandara Sultan Abdul Rachman Saleh.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X