Kontroversi Gedung Konser Berbentuk Bola Golf Raksasa

Kompas.com - 02/04/2019, 11:00 WIB
Madison Square Garden Company Madison Square Garden CompanyMadison Square Garden Company

KOMPAS.com - London akan memiliki arena konser dengan nama MSG Sphere. Struktur ini didesain dengan tinggi 90 meter dan panjang 120 meter.

Struktur akan ditutupi panel LED dengan resolusi terbesar yang dapat menampilkan rekaman konser maupun video iklan. Tampilan dari fasad gedung ini nantinya dapat terlihat hingga 150 meter jauhnya.

Desain struktur bola ini akan membuat ruang konser berbentuk kerang dengan tempat duduk yang disusun secara melengkung. Arena konser utama akan berada di depan layaknya tempat pertunjukan pada umumnya.

Bangunan ini didesain firma arsitektur yang sebelumya merancang Wembley Stadium, Populous.

Arena ini akan menampung 17.566 orang atau menampung 21.500 dengan campuran opsi tempat duduk dan berdiri.

Desain gedung yang mirip bola golf ini akan ditutupi panel LED dengan resolusi terbesar yang dapat menampilkan rekaman konser Madison Square Garden Company Desain gedung yang mirip bola golf ini akan ditutupi panel LED dengan resolusi terbesar yang dapat menampilkan rekaman konser
Kapasitas ini membuatnya jadi yang terbesar di tanah Inggris mengungguli Manchester Arena yang dapat menampung 21.000 orang dan London O2 Arena dengan 20.000 orang.

Selain itu, selama pembangunan, proyek ini dapat menyerap 4.300 pekerja.

The Madision Square Garden Company, perusahaan di balik proyek pembangunan gedung ini telah mengakuisis lahan seluas 1,9 hektar di Stratford. Lokasinya berdekatan dengan Olympic Park dan Westfield shopping centre.

Hingga saat ini, proses pembangunan baru sampai tahap pengajuan dokumen. Rencana pembangunan ini telah disetujui oleh berbagai pihak termasuk wali kota London, Sadiq Khan.

"Ini adalah kesempatan untuk mengambil alih taman pelatihan (olimpiade) yang tidak dapat diakses publik dan menggunakannya untuk mendukung ribuan pekerjaan dan manfaat ekonmi senilai miliaran pound," ujar Executive Vice-president of Development and Construction di MSG, Jayne McGivern seperti dikutip dari The Guardian, Senin (1/4/2019).

Bangunan ini didesain firma arsitektur yang sebelumya merancang Wembley Stadium, Populous.Madison Square Garden Company Bangunan ini didesain firma arsitektur yang sebelumya merancang Wembley Stadium, Populous.
Selain digunakan sebagai arena konser, dokumen perencanaan pembangunan gedung mengatakan arena tersebut juga dapat digunakan sebagai tempat pertunjukan sirkus, penyelenggaraan e-sports, dan acara olahraga seperti UFC, dan lain-lain.

Tak hanya sebagai ruang pertunjukan. MSG Sphere juga akan dilengkapi dengan ritel, kafe, restoran, serta klub malam.

Selain itu, di sekitar arena rencananya juga akan dibangun ruang pertunjukan dengan kapasitas lebih kecil yakni 1.500 orang.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X