Cara Hong Kong Mendulang Untung dari Transportasi Massal

Kompas.com - 19/03/2019, 17:36 WIB
Ilustrasi PIXABAY/AndyLeungHKIlustrasi

KOMPAS.com - Komersialisasi properti di sekitar kawasan stasiun kini mulai menjadi tren. Sebelumnya, model pengembangan ini telah diterapkan di Hong Kong oleh perusahaan transportasi Mass Transit Railway (MTR) Corporation.

Melansir The Guardian, Selasa (19/3/2019), operator transportasi ini sudah menerapkan pola pengembangan properti di beberapa stasiunnya sejak 1980.

Model transportasi MTR ini dibangun oleh Pemerintah Hong Kong. Perusahaan ini memiliki kewenangan untuk membangun konstruksi jalur rel.

Baca juga: MRT Jakarta Beroperasi 12 Maret, Apa yang Perlu Dibenahi?

Pada saat transportasi metro di berbagai tempat sedang mengalami permasalahan seperti peningkatan harga tiket, keterlambatan armada, dan gangguan lainnya, MTR berhasil mencatatkan prestasi dengan persentasi ketepatan waktu mencapai 99,9 persen.

Selain itu, moda transportasi ini mampu membawa 5,8 juta penumpang setiap harinya.

IlustrasiPIXABAY/AndyLeungHK Ilustrasi
Perusahaan juga diberikan hak untuk melakukan tender pembangunan properti baik residensial maupun komersial di atas stasiunnya.

Model pengembangan ini disebut dengan Rail Plus Property. MTR mengambil profit dari penyewaan properti ini.

"Pemerintah Hong Kong memberikan kami lahan dan izin pengembangan dengan harga tanah yang sama seperti saat jalur rel belum dibangun," ujar Managing Director MTR Corporation, Jacob Kam.

Manfaat

Hasil dari pemanfaatan lahan ini selanjutnya dapat digunakan untuk biaya operasi, perawatan, dan mendanai proyek-proyek baru.

Sebagai contoh, pendapatan dari pengembangan di sepanjang jalur MTR Tseung Kwan O yang dibuka pada 2002 mampu membiayai perluasan jalur baru. Kini, properti di kawasan itu telah dihuni 380.000 jiwa.

Manfaat lain dari pengembangan model ini membebaskan MTR dari keharusan untuk bersaing dengan badan negara lain dalam mendapatkan pendanaan.

Selain itu, hal ini memungkinkan perusahaan untuk mandiri dan melaksanakan proyek dengan cepat. 

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X