Tenaga Konstruksi Indonesia Dinilai Mampu Hadapi Revolusi 4.0

Kompas.com - 05/03/2019, 09:04 WIB
Ilustrasi. www.shutterstock.comIlustrasi.

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu penunjang revolusi industri 4.0 adalah penggunaan teknologi informasi dalam pembangunan proyek infrastruktur.

Menurut Country Manager Structures Division Trimble Solutions Representative Office Indonesia, Ajie Pamadaraji, tenaga konstruksi Indonesia sudah cukup siap dalam menghadapi tantangan revolusi ini.

"Kalau dari costumer kami mereka sudah siap duluan. Sekarang tinggal pasarnya mau menerima tidak," kata Ajie saat wawancara eksklusif bersama Kompas.com, Senin (4/3/2019).

Kesiapan tersebut, tidak terlepas dari pengenalan piranti lunak penunjang yang dilakukan sejak di perguruan tinggi oleh perusahaan seperti Trimble.

Dengan mengenalkan metode Building Information Modelling (BIM) kepada mahasiswa, hal itu tak hanya membuat mahasiswa lebih familiar dengan piranti lunak ini tetapi juga mendukung penggunaan piranti asli pada masa depan.

Baca juga: Garap Pasar Indonesia, Trimble Bidik Kenaikan Pendapatan 100 Persen

Lampu hijau juga telah diberikan pemerintah dalam penggunaan BIM dalam pembangunan infrastruktur. Tak hanya efisien dari aspek waktu, BIM juga memungkinkan penggunaan material yang lebih efektif.

"Sekarang, untuk proyek pemerintah sudah mulai ke arah BIM. Sebetulnya sudah dari beberapa tahun lalu ya. Dalam dokumen (pengadaan) mereka sudah mencantumkan software BIM dibutuhkan," tutur Ajie.

Area Director Structures Divison Trimble Solutions SEA Pte Ltd, Thomas Phang menambahkan, teknologi informasi hanyalah piranti untuk memudahkan pembangunan tersebut. Namun kunci di balik itu semua ada pada penggunanya.

Dalam lima tahun terakhir, Trimble telah berupaya untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya penggunaan teknologi BIM dalam pembangunan proyek infrastruktur. Terutama kepada mahasiswa.

Hal itu untuk membiasakan mereka dalam penggunaan teknologi ini pada saat telah terjun ke dunia kerja.

Baca juga: Dengan BIM, Konstruksi Infrastruktur Lebih Cepat Kelar

Dengan demikian, diharapkan komunikasi dan kolaborasi dapat dilakukan secara cepat dalam menyelesaikan sebuah proyek infrastruktur.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X