Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Garap Pasar Indonesia, Trimble Bidik Kenaikan Pendapatan 100 Persen

Kompas.com - 04/03/2019, 23:03 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pesatnya pembangunan infrastruktur, menjadikan Indonesia sebagai salah satu pasar paling potensial untuk piranti lunak pendukung proyek infrastruktur, seperti Tekla Structures.

Bahkan, perusahaan yang memproduksi lisensi piranti tersebut, Trimble Solutions, membidik pertumbuhan pendapatan dua digit pada tahun ini.

"Kami targetkan pertumbuhan double digit," kata General Manager Strucuters Division Trimble Solution Corporation Jari Heino dalam sebuah wawancara eksklusif dengan Kompas.com, Senin (4/3/2019).

Country Manager Structures Division Trimble Solutions Representative Office Indonesia, Ajie Pamadaraji menjelaskan, tahun lalu perusahaan mencatat pertumbuhan penjualan hingga 50 persen dibandingkan 2017.

Baca juga: Dengan BIM, Konstruksi Infrastruktur Lebih Cepat Kelar

Kendati demikian, ia enggan merinci, besaran pendapatan yang diperoleh dari penjualan lisensi Tekla Structures.

"Concern kami bukan pada berapa juta Euro yang bisa kami dapatkan, tetapi bagaimana cara kami dapat tumbuh. Tahuh lalu kami tumbuh 50 persen, mungkin tahun ini 100 persen," tambah dia.

Sementara itu, Area Director Structures Divison Trimble Solutions SEA Pte Ltd, Thomas Phang menuturkan, Indonesia berada di posisi ketiga setelah China dan India dalam pasar konstruksi.

Karena itu, potensi untuk mendulang pendapatan dari penjualan lisensi Tekla Structures masih cukup besar.

Baca juga: Trimble: Merancang Bangunan Semudah Bermain Game

"Ada lebih dari 250 juta populasi penduduk di Indonesia, tentunya mereka memerlukan hunian paling tidak. Ini adalah jumlah yang penting bagi kami," kata Phang.

"Sekarang, bagaimana cara kami membuatnya bekerja lebih cepat serta membangun lebih banyak. Apakah dengan cara konvensional atau teknologi yang bisa mengimprove produktivitas dan mempersingkat waktu," tutur Phang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com