Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol Bakauheni-Terbanggi Besar Siap Diresmikan Jokowi

Kompas.com - 01/02/2019, 14:00 WIB
Rosiana Haryanti,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tol Bakauheni-Terbanggi Besar sepanjang 140,9 kilometer siap beroperasi.

Hal ini diungkapkan Menteri BUMN, Rini Soemarno saat mengunjungi langsung lokasi pembangunan ruas tol ruas Bakauheni-Terbanggi Besar, Kamis (31/01/2019).

Jalan tol yang dibangun PT Hutama Karya (Persero) ini rencananya akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

"Perkembangannya cukup positif dan diharapkan segera beroperasi dalam waktu tepat dan segera bisa dimanfaatkan untuk konektivitas di wilayah Lampung khususnya dan Sumatera umumnya," ungkap Rini dalam keterangan tertulis, Jumat (1/2019).

Baca juga: Konstruksi Dikebut, Begini Perkembangan Tol Trans-Sumatera

Direktur Utama Hutama Karya Bintang Perbowo menambahkan, konstruksi fisik jalan tol Trans Sumatera ruas Bakauheni-Terbanggi Besar sepanjang 140,9 kilometer sudah selesai, sehingga bisa segera dioperasikan.

Hutama Karya juga menyediakan sarana pelayanan lalu-lintas yang lengkap seperti Patroli Jalan Raya (PJR), mobil derek, ambulans, hingga mobil rescue untuk menjamin keselamatan dan kenyamanan pengendara.

"Rencananya, akan terdapat 12 Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) Jalan Tol atau rest area yang akan dioperasikan di sepanjang jalan tol Bakauheni-Terbanggi," ungkap Bintang.

Pembangunan Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) ruas Bakauheni-Terbanggi Besar menelan biaya investasi sebesar Rp 16,8 triliun.

Sebesar 52 persen secara ekuitas melalui PMN Rp 2,217 triliun dan obligasi yang diterbitkan Hutama Karya senilai Rp 6,5 triliun.

Sementara sisa 48 persen sebesar Rp 8,067 triliun dipenuhi dengan pinjaman dari 7 sindikasi perbankan, yakni Bank Mandiri, BNI, BCA, CIMB Niaga, Maybank, Bank permata, dan Bank ICBC.

Hingga saat ini, Hutama Karya tengah membangun Jalan Tol Trans-Sumatra sepanjang 529 kilometer. Sedangkan sepanjang 47 kilometer di antaranya telah beroperasi penuh.

Jalan tol yang dibangun PT Hutama Karya (Persero) ini rencananya akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo. 
Dok. Humas Kementerian BUMN Jalan tol yang dibangun PT Hutama Karya (Persero) ini rencananya akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo.
Adapun untuk JTTS yang sudah beroperasi penuh selain di ruas Bakauheni-Terbanggi Besar, adalah ruas Palembang-Indralaya sepanjan 22 kilometer dan ruas Medan-Binjai seksi Binjai-Semayang dan seksi Semayang-Helvetia sepanjang 11 kilometer.

Beberapa ruas yang tengah dibangun antara lain ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung sepanjang 189 kilometer.

Kemudian ruas Padang-Sicincin (bagian dari ruas Padang-Pekanbaru) sepanjang 31 kilometer dan ruas Pekanbaru-Dumai sepanjang 131 kilometer.

Adapula ruas Kualatanjung-Tebing Tinggi-Parapat sepanjang 98 kilometer, ruas Medan-Binjai (Helvetia sampai junction Tj.Mulia) sepanjang 6 kilometer, serta ruas Banda Aceh-Sigli sepanjang 74 kilometer.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com