Siasat Menarik Milenial Beli Rumah

Kompas.com - 25/01/2019, 10:53 WIB
Ilustrasi ThinsktockIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak pemain properti yang menggunakan terminologi milenial sebagai gimmick jualan, namun mereka tidak memahami sepenuhnya apa yang dimaksud dengan istilah tersebut.

Studi Rumah123 Property Outlook 2019 menunjukkan, milenial dengan rentang usia 30-35 tahun menjadi kelompok usia early majority dalam pembelian properti (34 persen). Kecenderungan ini diprediksi meningkat seiring pertumbuhan daya beli mereka.

Studi tersebut sejalan dengan data Departemen Makro Prudensial Bank Indonesia yang menyebut debitur usia muda serentang 26-35 tahun mendominasi kredit pemilikan rumah (KPR) sejak 2014-2018.

Pada segmen rumah tapak tipe 22-70, misalnya, meski kelompok usia tersebut yang mengajukan permohonan KPR hanya berkisar 35 persen tahun 2014, namun, pada 2018 justru melonjak 45 persen.

Baca juga: Debitur KPR Milenial Melonjak, Pengembang Wajib Sajikan Data Valid

Hal serupa juga terlihat pada properti jangkung atau apartemen yang mengalami peningkatan dari 30 persen pada 2014 menjadi 35 persen pada 2018. Meski di antara rentang waktu tersebut sempat mengalami penurunan, BI tetap mencatat tren positif.

Perlu pengalaman

Menarik milenial sebagai calon pembeli potensial memang gampang-gampang susah.

Ilustrasi.shutterstock Ilustrasi.
Hal ini dikatakan Country General Manager Rumah123 Ignatius Untung. Menurut dia, pengembang tidak bisa hanya memberikan pemahanan kepada mereka tentang pentingnya membeli hunian untuk kemudian hari.

"Mereka itu harus diberikan experience. Harus ditunjukkan, 'eh enaknya kalau punya rumah itu gini lho'," kata Untung dalam sebuah diskusi di Jakarta, Kamis (24/1/2019).

Ketika ada kesan pemaksaan, generasi ini akan berpikir ulang untuk membeli hunian yang ditawarkan. Terlebih, properti bukan menjadi preferensi utama mereka dalam membelanjakan uangnya.

Mereka cenderung ingin mendapatkan sesuatu berupa pengalaman, entah itu dalam bentuk pelesiran maupun hangout bersama rekan-rekan sejawatnya.

Baca juga: Co-living, Konsep Berbagi Hunian yang Kembali Menjadi Tren

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X