Dirancang Arsitek Jepang, Starbucks Taiwan dari Kumpulan Kontainer - Kompas.com

Dirancang Arsitek Jepang, Starbucks Taiwan dari Kumpulan Kontainer

Kompas.com - 24/11/2018, 11:00 WIB
Kafe dari kontainer ini dirancang oleh arsitek Jepang, Kengo KumaStarbucks Kafe dari kontainer ini dirancang oleh arsitek Jepang, Kengo Kuma

KOMPAS.com - Kontainer kini menjadi material favorit untuk bangunan. Bahkan peritel raksasa seperti Starbucks juga memanfaatkan material ini untuk depot terbarunya di Taiwan, tepatnya di Kota Hualien.

Kafe dari kontainer ini dirancang oleh arsitek Jepang, Kengo Kuma, dengan luas 320 meter persegi. Sebanyak 29 kontainer digunakan untuk mendirikan gedung baru setinggi empat lantai.

Penumpukan kontainer ini justru menciptakan ruang yang jauh lebih tinggi, serta memberikan sinar matahari alami bagi pengunjung. Depot ini berada di halaman Hualien Bay Mall.

Baca juga: Starbucks Tambah Gerai Non-tunai di Korea Selatan

Kafe kontainer ini merupakan satu dari 45 kafe kontainer lain yang dimiliki Starbucks.

Seluruh eksterior bangunan dicat dengan warna putih. Sementara ikon Starbucks yang melegenda terdapat pada salah satu kontainer di bagian paling atas.

Pengunjung dapat masuk melalui lobi yang terbuat dari kaca. Selanjutknya, mereka bisa langsung menikmati suasana kafe yang dirancang dengan bilik-bilik terpisah.

Sedangkan pada jendela di lantai paling dasar digunakan sebagai area drive thru yang dapat diakses dari Jalan Nanbin.

Dari satu kontainer ke kontainer lain, pengunjung dapat menikmati pemandangan sekeliling HualienStarbucks Dari satu kontainer ke kontainer lain, pengunjung dapat menikmati pemandangan sekeliling Hualien
Dari satu kontainer ke kontainer lain, pengunjung dapat menikmati pemandangan sekeliling Hualien, termasuk lanskap pegunungan di sekitarnya.

Pada bagian lain terdapat gambar-gambar yang menceritakan kisah perjalanan kopi.

Di dalam bangunan kontainer, pengunjung dapat menemukan berbagai ornamen yang menggambarkan budaya tradisional asli Hualien.

Dinding cerah yang dicat dengan berbagai macam warna merupakan representasi Suku Amis yang memiliki sejarah panjang di kota ini.

Pada bagian lain terdapat gambar-gambar yang menceritakan kisah perjalanan kopi.
Starbucks Pada bagian lain terdapat gambar-gambar yang menceritakan kisah perjalanan kopi.
Merancang bangunan kontainer merupakan yang pertama kali dilakukan oleh Kuma.

Sebelumnya, Kengo Kuma juga pernah merancang bangunan untuk jaringan peritel Starbucks lainnya di Dazaifu, Fukuoka, Jepang.



Close Ads X