Bagian dari KSPN Danau Toba, Akses ke Pulau Samosir Diperbaiki

Kompas.com - 12/11/2018, 15:50 WIB
Akses menuju Pulau Samosir, Sumatera Utara. Kementerian PUPRAkses menuju Pulau Samosir, Sumatera Utara.

JAKARTA, KOMPAS.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memperbaiki kualitas jalan lingkar Pulau Samosir sepanjang 123,9 kilometer dan akses 22 kilometer menuju Pulau Samosir dari Simpang Tele.

Perbaikan ini untuk mendukung pengembangan pariwisata Danau Toba di Provinsi Sumatera Utara yang ditetapkan sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN).

Ketersediaan infrastruktur jalan dengan kondisi yang baik akan memudahkan wisatawan mencapai berbagai lokasi wisata di Pulau Samosir, seperti Museum Batak di Tomok, Tiga Danau, dan Tano Ponggol.

Melalui Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) II Medan,  Kementerian PUPR melakukan preservasi (pemeliharaan) dan pelebaran jalan, termasuk menangani tebing sehingga mengurangi risiko longsor, baik di jalan akses menuju ke Pulau Samosir dari Simpang Tele menuju ke Pangururan maupun jaringan jalan lingkar di dalam Pulau Samosir.

Perbaikan jaringan jalan itu dibagi menjadi dua paket pekerjaan yang dimulai sejak Desember 2016 dengan kontrak tahun jamak.

Paket 1 adalah jalan Pangururan–Ambarita–Tomok–Onan Runggu sepanjang 75,9 kilometer berupa pelebaran jalan dengan nilai kontrak Rp 367,21 miliar dan berakhir pada Desember 2019.

Secara keseluruhan, progres fisiknya sampai saat ini 47,9 persen. Untuk pekerjaannya dilakukan oleh konsorsium PT Pembangunan Perumahan dan PT Seneca.

Adapun Paket 2 adalah jalan Tele–Pangururan–Nainggolan–Onan Runggu sepanjang 68,43 kilometer yang terdiri dari pelebaran jalan sepanjang 47,1 kilometer dan pemeliharaan jalan sepanjang 21,33 kilometer.

Alokasi anggarannya sebesar Rp 159,24 miliar dan akan selesai pada Desember 2019. Progres fisiknya secara keseluruhan sampai saat ini 75,25 persen, sedangkan pekerjaannya dilakukan melalui kerja sama operasi (KSO) antara PT Gunakarya, Tunas, dan Kurnia.

Baca juga: Poles Danau Toba, Pemerintah Bangun Tol dan Jalur Lingkar

Menurut Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, pemerintah telah menetapkan 10 KSPN sebagai “Bali Baru” untuk mencapai target 20 juta wisatawan ke Indonesia tahun 2019, salah satunya KSPN Danau Toba.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X