Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Poles Danau Toba, Pemerintah Bangun Tol dan Jalur Lingkar

Kompas.com - 24/03/2018, 21:12 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

SAMOSIR, KOMPAS.com – Guna mendukung kelancaran akses turis ke jalur pariwisata Danau Toba, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) saat ini tengah melakukan kegiatan perbaikan Jalur Lingkar Luar Danau Toba dan Jalur Lingkar Samosir.

Kepala Pusat Pengembangan Kawasan Strategis Hadi Sucahyono mengatakan perbaikan ini meliputi kegiatan preservasi dan pelebaran jalan guna memenuhi standar jalan nasional. Hal ini melihat beberapa kondisi ruas kedua jalan itu saat ini mengalami beberapa kerusakan.

Dari pantauan Kompas.com, di beberapa titik ditemui jalan berlubang, besar dan kecil. Selain itu, saat berada di jalur Lingkar Samosir kontur jalan sedikit bergelombang. Bahkan di beberapa titik jalan cenderung sempit.

“Untuk jaringan jalan lingkar luar ini panjangnya sekitar 360 kilometer. Sementara, jalan lingkar dalam Samosir panjangnya 125 kilometer,” kata Hadi saat berbincang dengan sejumlah awak media, Jumat (23/3/2018) malam.

Menurut Hadi, jalan menjadi salah satu aspek penting di dalam pengembangan Danau Toba sebagai destinasi wisata kelas dunia. Terlebih, kawasan ini sebelumnya telah ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN).

Hadi menambahkan, nantinya di sepanjang jalan ini dilengkapi dengan beberapa tempat peristirahatan di berbagai titik. Namun, bukan seperti pada umumnya, tempat isitirahat ini diharapkan juga dapat menjadi pusat informasi bagi turis yang ingin mengetahui destinasi wisata yang ada di sekitar lokasi tempat istirahat.

“Seperti anjungan cerdas yang kini sedang kita bangun di Jembrana, Bali. Kalau di sana, luas areanya sampai 5 hektar dimana terdapat tujuh bangunan ada restoran, ada amphi theatre yang bisa dimanfaatkan untuk menampilkan local wisdom di sana,” utur Hadi.

Wisatawan menikmati Danau Toba di Pantai Pasir Putih Lumban Bulbul, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara, Jumat (9/6/2017).KOMPAS/NIKSON SINAGA Wisatawan menikmati Danau Toba di Pantai Pasir Putih Lumban Bulbul, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara, Jumat (9/6/2017).
Untuk tempat istirahat, saat ini pihaknya masih mencari lokasi yang tepat untuk dibangun. Ia pun berharap agar pemerintah daerah setempat ikut andil dalam pembangunan tempat istirahat ini. Paling tidak, dalam hal penyediaan lahan. 

Tol Dipercepat

Di samping perbaikan jalan, Kementerian PUPR juga berencana membangun jalan Tol Medan-Parapat.

Untuk tahap pertama, dibangun Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi sepanjang 61,7 kilometer dengan melibatkan investasi swasta. Ditargetkan pada 2018 ruas pertama tol ini akan rampung. 

Selanjutnya, akan dibangun ruas Tebing Tinggi-Pematang Siantar sepanjang 35 kilometer dan Pematang Siantar-Parapat sepanjang 27 kilometer.

Jalan tol ini nantinya akan terkoneksi dengan Jalur Lingkar Luar Danau Toba yang kini tengah diperbaiki. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com