Kompas.com - 02/11/2018, 21:30 WIB
Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar saat menyambangi Rumah Sakit Umum Kabupaten Tangerang Kamis (26/10/2017) petang. Kompas.com/Sherly PuspitaBupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar saat menyambangi Rumah Sakit Umum Kabupaten Tangerang Kamis (26/10/2017) petang.

JAKARTA, KOMPAS.com - Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mengklaim, di antara wilayah-wilayah lain di sekitar Jakarta, pembangunan kawasan Tangerang Raya jauh lebih baik.

Wilayah Tangerang Raya yang dimaksud yaitu Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, dan Tangerang Selatan.

"Barat ini lebih terkoordinasi," kata Zaki saat diskusi bertajuk The Next 30 Years of Urban and Real Estate  Development in Indonesia di Universitas Tarumanegara, Jumat (2/11/2018).

Baca juga: Tanpa Perencanaan Matang, Pembangunan Kawasan Bakal Semrawut

Meski demikian, urbanisasi menjadi tantangan tersendiri yang harus dihadapi oleh tiga kepala daerah yang memimpin tiga wilayah tersebut.

Saat ini, pertumbuhan populasi di Kabupaten Tangerang mencapai 120.000 orang tiap tahun. Hal itu terjadi karena wilayah tersebut dikenal sebagai salah satu sentra industri, selain Kabupaten Bekasi yang berada di koridor timur Jakarta.

Pesatnya pertumbuhan penduduk menyebabkan setiap hari arus lalu lintas di wilayah tersebut kian padat, baik itu oleh kendaraan roda dua maupun roda empat.

Oleh karena itu, Ahmed menambahkan, diperlukan penambahan moda transportasi publik agar masyarakat dapat beralih, sebelumnya menggunakan kendaraan pribadi ke kendaraan umum.

"Kami memang butuh public transport, tidak hanya kereta atau LRT. Dan juga bukan hanya jalan tol," cetus Ahmed.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.