Setelah JORR, Integrasi Tarif Diterapkan di Surabaya dan Makassar

Kompas.com - 02/07/2018, 21:30 WIB
Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra Zuna Kompas.com / Dani PrabowoKepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra Zuna

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski belum jelas kapan realisasi integrasi transaksi Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR), pemerintah tengah mengkaji rencana serupa untuk jaringan tol di Jawa Timur dan Sulawesi Selatan.

"Yang saya pikir Surabaya, juga Makassar pastinya yang kita lihat," kata Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra Zuna di Jakarta, Senin (2/7/2018).

Namun, integrasi tarif tol di Surabaya dan Makassar dipastikan memiliki tujuan yang berbeda dengan Tol JORR.

Baca juga: Belum Pasti, Waktu Penerapan Integrasi Tarif Tol JORR

Integrasi tarif Tol JORR bertujuan untuk mendukung sistem logistik nasional. Sebagai konsekuensinya, terjadi perubahan tarif.

Tarif untuk kendaraan logistik yakni kendaraan golongan II, III, IV dan V justru mengalami penurunan dibandingkan sebelumnya. Sementara, tarif kendaraan yang menempuh jarak dekat, lebih mahal.

Adapun integrasi tarif tol di Surabaya dan Makassar dilakukan untuk efisiensi transaksi.

"Surabaya itu kan secara sistem rumit sekali itu. Nah ini nanti disederhanakan," ujarnya.

Herry berharap, kajian integrasi transaksi untuk to di kedua kota tersebut segera rampung, sehingga dapat diterapkan pada tahun ini.

Baca juga: BPJT: Integrasi Beda dengan Kenaikan Tarif Tol

Kebijakan integrasi transaksi tol sebelumnya telah dilakukan pada beberapa ruas tol. Pada 2016, integrasi dilakukan untuk ruas tol Jakarta-Palimanan dan Palimanan-Brebes Timur.

Sementara pada 2017 dilakukan integrasi ruas tol Jakarta-Tangerang-Merak dan 2018 telah dilakukan integrasi pada ruas tol Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi) dan Tol Semarang seksi ABC.

Baca tentang


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X