Belum Pasti, Waktu Penerapan Integrasi Tarif Tol JORR

Kompas.com - 02/07/2018, 18:19 WIB
Tol JORR ruas W2 ruas Ulujami-Kebon Jeruk (ke arah kiri) sudah siap difungsikan. Warta Kota/Angga Bhagya NugrahaTol JORR ruas W2 ruas Ulujami-Kebon Jeruk (ke arah kiri) sudah siap difungsikan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sedianya, penerapan integrasi tarif Tol Lingkar Luar Jakarta atau Jakarta Outer Ring Road ( JORR), dimulai awal Juli 2018.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menegaskan hal tersebut saat dijumpai di Mabes Polri usai rapat evaluasi pelaksanaan arus mudik dan balik Lebaran 2018, pekan lalu.

Baca juga: Catat, Tarif Baru Tol JORR Berlaku Awal Juli

Lantas, kapankah kepastian integrasi tarif JORR itu akan dilaksanakan?

"Ya kan Juli masih ini. Harusnya ini kan karena memang konsen ya ingin kita lakukan cepat mudah-mudahan dalam waktu dekat ya," kata Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry saat diskusi bertajuk 'Integrasi Tol Dukung Sistem Logistik Nasional' di Jakarta, Senin (2/7/2018).

Belum adanya kepastian waktu penerapan, menurut dia, lantaran sosialisasi kepada masyarakat masih terus dilakukan. Namun, sosialisasi tersebut dipastikan akan berakhir dalam waktu dekat.

"Sekarang lagi sosialisasi. Mudah-mudahan Juli ini sudah bisa kami terapkan," kata Herry.

Tak hanya soal waktu penerapan yang belum pasti, ihwal rencana pemberian diskon tarif bagi pengguna JORR yang menempuh jarak dekat juga masih dalam tahap pembahasan.

Baca juga: Ini Tarif Tol JORR Jika Integrasi Diberlakukan

Wacana pemberian diskon itu turut mencuat seiring dengan rencana integrasi tarif. Hal ini untuk menyiasati kenaikan tarif yang dirasa memberatkan terutama bagi kendaraan pribadi atau golongan I yang menempuh perjalanan dekat.

"Ya nanti pada saat dikenakan mestinya sih termasuk itu (diskon) disampaikan," tambah Herry.

Sekedar informasi, dengan integrasi tarif ini, pengguna kendaraan pribadi akan membayar satu tarif yaitu Rp 15.000 baik itu untuk perjalanan jauh maupun dekat. 

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X