Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belum Pasti, Waktu Penerapan Integrasi Tarif Tol JORR

Kompas.com - 02/07/2018, 18:19 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sedianya, penerapan integrasi tarif Tol Lingkar Luar Jakarta atau Jakarta Outer Ring Road (JORR), dimulai awal Juli 2018.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menegaskan hal tersebut saat dijumpai di Mabes Polri usai rapat evaluasi pelaksanaan arus mudik dan balik Lebaran 2018, pekan lalu.

Baca juga: Catat, Tarif Baru Tol JORR Berlaku Awal Juli

Lantas, kapankah kepastian integrasi tarif JORR itu akan dilaksanakan?

"Ya kan Juli masih ini. Harusnya ini kan karena memang konsen ya ingin kita lakukan cepat mudah-mudahan dalam waktu dekat ya," kata Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry saat diskusi bertajuk 'Integrasi Tol Dukung Sistem Logistik Nasional' di Jakarta, Senin (2/7/2018).

Belum adanya kepastian waktu penerapan, menurut dia, lantaran sosialisasi kepada masyarakat masih terus dilakukan. Namun, sosialisasi tersebut dipastikan akan berakhir dalam waktu dekat.

"Sekarang lagi sosialisasi. Mudah-mudahan Juli ini sudah bisa kami terapkan," kata Herry.

Tak hanya soal waktu penerapan yang belum pasti, ihwal rencana pemberian diskon tarif bagi pengguna JORR yang menempuh jarak dekat juga masih dalam tahap pembahasan.

Baca juga: Ini Tarif Tol JORR Jika Integrasi Diberlakukan

Wacana pemberian diskon itu turut mencuat seiring dengan rencana integrasi tarif. Hal ini untuk menyiasati kenaikan tarif yang dirasa memberatkan terutama bagi kendaraan pribadi atau golongan I yang menempuh perjalanan dekat.

"Ya nanti pada saat dikenakan mestinya sih termasuk itu (diskon) disampaikan," tambah Herry.

Sekedar informasi, dengan integrasi tarif ini, pengguna kendaraan pribadi akan membayar satu tarif yaitu Rp 15.000 baik itu untuk perjalanan jauh maupun dekat. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com